LOMBA CITIZEN JOURNALISM DAN LOMBA BROADCASTER TINGKAT SMA DAN PERGURUAN TINGGI

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Dalam rangka memperingati HUT (Hari Ulang Tahun) Ke 50 Tahun dan Peluncuran LPPL (Lembaga Penyiaran Publik Lokal) Radio Swara Perintis Kota Sukabumi 93,1 MHZ yang sebelumnya bemama LPPL RSPD (Radio Siaran Pemerintah Daerah) FM Kota Sukabumi tepatnya yang jatuh pada tanggal 11 September 2019, Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi sebagai Pengelola LPPL Radio Swara Perintis mengadakan 2 jenis lomba untuk tingkat SMA sederajat dan Perguruan Tinggi, yakni Lomba Citizen Journalism untuk tingkat SMA sederajat dan Lomba Broadcaster atau Penyiar untuk tingkat SMA sederajat dan Perguruan Tinggi.

Adapun Ketentuan Umum untuk Lomba Citizen Journalism, seperti dijelaskan Kepala Seksi Pengelolaan Informasi dan Opini Publik Diskominfo Kota Sukabumi selaku Panitia Lomba, Riksan Satyaprawira, S.S., antara lain peserta adalah pelajar SMA sederajat di Kota Sukabumi, yang dibuktikan dengan foto copy Kartu Pelajar atau Surat Keterangan dari Kepala Sekolah yang bersangkutan, peserta boleh perorangan atau kelompok yang mewakili sekolah, setiap sekolah boleh mengirimkan lebih dari 1 karya video, dan setiap tim yang mengikuti lomba harus satu sekolah, tidak boleh berbeda sekolah.

Sedangkan Ketentuan Khusus untuk lomba tersebut, yakni video dibuat dalam format MP4, setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 video, content video berupa reportase dan gambar tentang isi reportase, durasi video maksimal 3 menit, tema video boleh memilih salah satu, yakni Ikon Kota Sukbumi, Darurat Sampah di Kota Sukabumi, dan Radio di mata Generasi Milenial. Selanjutnya lokasi reportase di Kota Sukabumi, memenuhi kaidah jurnalistik 5W 1H, memenuhi kaidah bahasa dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), video tidak mengandung unsur SARA, Politik, Kekerasan dan Pornografi, hak cipta karya tetap menjadi milik peserta, Panitia Lomba berhak mempublikasikan atau menayangkan lomba, baik sebagian maupun utuh, dan Panitia Lomba tidak bertanggungjawab apabila dikemudian diketahui terdapat gugatan dari pihak lain yang berkaitan dengan video yang dilombakan.

Dikatakannya, apabila dikemudian hari ditemukan bukti bahwa karya pemenang diragukan keasliannya, Panitia Lomba berhak membatalkan serta menarik hadiah dan penghargaan yang sudah diberikan. Dikatakan pula, untuk pengiriman video melalui email: jekrem931fm@gmail.com, dan peserta wajib mencanturnkan nama, nomor HP, nama sekolah dan sinopsis video dalam email. Selanjutnya dikatakan, periode lomba dari tanggal 1 sampai dengan 10 September 2019, video dikirim paling lambat tanggal 10 September 2019 pukul 23.00 WIB, pengumuman pemenang tanggal 13 September 2019, melaui media sosial Fanpage FB: Diskominfo Kota Sukabumi, Radio Swara Perintis Kota Sukabumi 93,1 MHZ dan www.sukabumikota.go.id, serta Keputusan Juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Selanjutnya Nara Hubung Panitia 857 2020 0926 atas nama Riksan, dan 0811 110 3718 atas nama Ratna. Selain itu juga dikatakan, juara 1, 2 dan 3 dari masing-masing kategori lomba, mendapat Piagam Penghargaan dan Hadiah Uang Pembinaan.

Leave a Reply