LOMBA STORY TELLING TK TINGKAT KOTA SUKABUMI

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Ikatan Guru Taman Kanak -kanak (IGTK) Kota Sukabumi mengadakan Lomba Story Telling “Aku Berani Bercerita” Tingkat Kota Sukabumi pada hari Selasa tanggal 3 september 2019 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, Bunda PAUD Kota Sukabumi, Hj. Fitri Hayati Fahmi, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Aim Sunarya, S.Pd., M.Si., Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Dasar Dinas P & K Kota Sukabumi, serta para Kepala Sekolah Taman Kanak – kanak.

Bunda PAUD Kota Sukabumi, dalam sambutannya menandaskan bahwa meningkatnya gerakan literasi di Kota Sukabumi merupakan salah satu misi Wali Kota Sukabumi. Hal ini telah diwujudkan melalui gerakan Sukabumi Gemar Membaca (SUGEMA). Gerakan Sugema merupakan gerakan literasi yang melibatkan semua pihak seperti orangtua siswa yang diajak kembali mengenalkan budaya literasi di keluarga, salah satu caranya dengan mendongen kepada anak. Selain itu dalam gerakan ini, orangtua diharapkan menjadi teladan bagi anak – anaknya untuk mencintai buku.

Sementara itu Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Dasar Dinas P & K, Nina Herlina, mengatakan meskipun siswa – siswi Taman Kanak – kanak belum diwajibkan bisa membaca, menulis dan berhitung, tetapi gemar membaca harus dibiasakan sejak dini dalam pendidikan dasar. Membaca untuk siswa – siswi Taman Kanak – kanak adalah membaca gambar dan lingkungan, sehingga anak dapat menceritakan kembali apa yang didengar dan dilihat.

Lomba ini diikuti oleh 60 siswa – siswi Taman Kanak – kanak se – Kota Sukabumi. Juara dari lomba ini akan mewakili Kota Sukabumi pada lomba story telling tingkat Provinsi Jawa Barat yang akan dilaksanakan masih di bulan September ini.

Leave a Reply