MONITORING TIM PENGAWAS DANA KELURHAN TAHUN 2019

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Tim Pengawas dana kelurahan Kecamatan Warudoyong melakukan monitoring kegiatan pembangunan di Kelurahan Sukakarya yang dibiayai dana kelurahan, pada hari Kamis, 5 september 2019. Tim Pengawas Kecamatan Warudoyong terdiri dari Sekretaris Kecamatan Warudoyong, Budi Purwanto, kemudian Kasie. Pembangunan Kecamatan Warudoyong, Mulyadi, dan Kasi Trantib Kecamatan Warudoyong, Dewo.  Peninjauan tim pengawas ini didampingi oleh Ketua LPM Kelurahan Sukakarya, Iwan Suwandi.

Lurah Sukakarya, Supriatno Sugianto, mengatakan bahwa dana kelurahan di Kelurahan Sukakarya digunakan untuk berbagai kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan non fisik diantaranya adalah bimbingan teknis untuk RT, RW, Posyandu dan PKK.  Sedangkan untuk kegiatan fisik diantaranya pembangunan 8 septic tank komunal di wilayah Kelurahan Sukakarya. Untuk tahap pertama pembangunan septic tank komunal  dibangun di RW 03, RW 12 dan RW 13.

Selain itu, dijelaskan lebih lanjut oleh Lurah Sukakarya, dana kelurahan juga dimanfaatkan untuk pengadaan gerobak sampah bagi 13 RW di Kelurahan Sukakarya. Ia menjelaskan bahwa sejauh ini pelaksanaan berjalan lancar, melibatkan unsur masyarakat dan pelaksanaan kegiatan dana kelurahan tahap pertama mencapai 80 persen.

Sementara itu Sekretaris Kecamatan Warudoyong,  Budi Purwanto, menjelaskan kegaiatan monitoring kecamatan merupakan implementasi dari Permendagri nomor 130 tahun 2018 tentang dana kelurahan. Berdasarkan pantauan pihak kecamatan, penggunaan dana kelurahan di Kelurahan Sukakarya dinilai tepat menyentuh kebutuhan masyarakat seperti dibangunnya septic tank komunal yang memang sangat diperlukan masyarakat.

Leave a Reply