LPPL RADIO SWARA PERINTIS KOTA SUKABUMI BERAWAL DARI RADIO EKSPERIMENTAL SUKABUMI

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

LPPL (Lembaga Penyiaran Publik Lokal) Radio Swara Perintis Kota Sukabumi 93,1 MHZ, yang sebelumnya bemama LPPL RSPD (Radio Siaran Pemerintah Daerah) Kota Sukabumi, berawal dari Radio Eksperimental Sukabumi sekaligus sebagai Perintis Radio di Sukabumi, tepatnya pada tahun 1960, atas ide dari seorang putera daerah, bernama Ir. Wiyono Karya Wigena.

Menurut sejumlah nara sumber, Radio Eksperimental ini semula mengudara di tempat kediaman Ir. Wiyono Karya Wigena. Selanjutnya dipindahkan ke Jalan Gunung Gede Nomor 4 Kota Sukabumi sekarang Jalan Perintis Kemerdekaan, dengan nama baru Persiapan RRI Sukabumi, yang dikelola oleh Komres (Komando Resor) 823 Sukabumi, Kodim (Komando Distrik Militer) 0607 Sukabumi, dan Deppen (Departemen Penerangan) Sukabumi, dengan alamat baru di Komres 823 Sukabumi, menggunakan piranti siar yang sederhana.

Setelah 8 tahun berdiri, RRI Persiapan Sukabumi semakin dikenal oleh masyarakat, dan berdasarkan SK Gubernur Jawa Barat Nomor 201/ Humas/ SJ/ 1968, dikukuhkan menjadi Sturada (Studio Radio Daerah) Kota Sukabumi, serta alamatnya dipindahkan ke Jalan Kenari Nomor 4 Kota Sukabumi. Kemudian pada tanggal 11 September 1969, diresmikan oleh Wali Kota Sukabumi, Saleh Wiradikarta, S.H., sekaligus dijadikan hari berdirinya Sturada Kota Sukabumi, yang sekarang menjadi LPPL Radio Swara Perintis Kota Sukabumi.

Sejumlah nara sumber juga mengatakan, RRI Persiapan Sukabumi ini dikelola oleh para Angkasawan secara sukarela full time, dan pada masa itu, Wali Kota Sukabumi, Saleh Wiradikarta, S.H., memberikan perhatian khusus, agar Sturada Kota Sukabumi berkembang dengan baik dan profesional, sehingga pada tahun 1970 mulai dikelola oleh para TKS (Tenaga Kerja Sukarela), dengan SK Pengangkatan Sebagai Honorer Pemerintah Daerah Kota Sukabumi, serta nama Sturada Kota Sukabumi diganti menjadi RSPD Kota Sukabumi. Adapun Tenaga Senior Pengelola RSPD Kota Sukabumi ini, diantaranya Tatang Supriadi, Jatnika Jaka Janggala, Kosasih Kartadireja, Hamami A.R., Drs. Freddy Kastamarta, Ras Barkah, Soleh Affandi, dan N.M. Ameer.

Selanjutnya pada tahun 2017, Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., juga memberikan perhatian khusus kepada RSPD Kota Sukabumi, dengan menerbitkan Perwal (Peraturan Wali Kota) Sukabumi Nomor 6 BD Nomor 6 LL Setda Kota Sukabumi Tahun 2017 tentang Pembentukan LPPL RSPD Kota Sukabumi, serta Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, dan DPRD Kota Sukabumi, pada tahun 2019 menerbitkan Perda (Peraturan Daerah Kota Sukabumi) Nomor 1 Tahun 2019 tentang LPPL Radio Swara Perintis Kota Sukabumi.

Leave a Reply