DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN ADAKAN BULAN GEMAR MEMBACA

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi mengadakan Bulan Gemar Membaca dengan mengangkat tema Jejak Literasi Budaya Sunda dari mulai tanggal 13  hingga 30 september 2019.

Dalam kegiatan ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi bekerjasama dengan Museum Prabu Siliwangi Al – Fath mengadakan pameran literasi budaya daerah dengan menampilkan diantaranya senjata khas sunda, Aksara Sunda, serta sejarah Prabu Siliwangi.

Selain itu, seperti dijelaskan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi, Hj. Nicke Siti Rahayu, ditampilkan juga sejarah sunda, perkakas khas sunda seperti perabotan dapur dan pertanian. Kemudian ditampilkan juga sejarah KH. Ahmad Sanusi, Pendiri Pondok Pesantren Syamsul Ulum.

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi, semua pameran ini diadakan untuk semakin meningkatkan kunjungan masyarakat ke perpustakaan, karena bulan September merupakan Bulan Gemar Membaca seperti yang telah dicanangkan oleh Pemerintah RI. Pada bulan gemar membaca ditampilkan pula arsip statis, Alm. BJ. Habibie,  ketika meresmikan gedung perpustakaan pada tahun 1996.

Lebih lanjut dijelaskan pula bahwa pada 17 September mendatang, Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, akan melantik pengurus Asosiasi Arsip Indonesia  Kota Sukabumi dan akan diisi pula dengan gerakan menulis buku, me-review buku yang diikuti oleh siswa – siswi Sekolah Dasar.

Leave a Reply