LPPL RADIO SWARA PERINTIS KOTA SUKABUMI SECARA RESMI DILUNCURKAN OLEH WALI KOTA SUKABUMI

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

LPPL (Lembaga Penyiaran Publik Lokal) Radio Swara Perintis 93,1 MHZ Kota Sukabumi, secara resmi diluncurkan oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, ditandai dengan pelepasan balon, pada Upacara Peringatan HUT (Hari Ulang Tahun) Ke 74 PMI dan HUT Ke 50 LPPL Radio Swara Perintis Kota Sukabumi, hari Rabu, 17 September 2019, di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi.

Turut mendampingi Wali Kota, unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Ketua Sementara DPRD Kota Sukabumi, Mommy Soraya, S.E., M.Si., Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada, M.M., Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Hj. Fitri Hayati Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., serta Kepala Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, Drs. H. Gabril Majid Sukarman, M.Pd.

Wali Kota Sukabumi dalam sambutannya menjelaskan, LPPL Radio Swara Perintis Kota Sukabumi yang sebelumnya dikenal RSPD (Radio Siaran Pemerintah Daerah) Kota Sukabumi, merayakan ulang tahun yang ke 50. RSPD yang didirikan oleh seorang putera daerah bernama Ir. Wiyono Karya Wigena pada tahun 1960, telah mengalaml beberapa perpindahan pengelolaan, dari mulai Radio Persiapan RRI Sukabumi, yang dikelola oleh Komando Resort 823 Sukabumi, Komando Distrik Militer 0607 Sukabumi dan Departemen Penerangan Sukabumi, akhirnya pada tanggal 11 September 1969 diresmikan oleh Wali Kota Sukabumi, Saleh Wiradikarta, S.H., menjadi hari berdirinya Sturada (Studio Radio Daerah) Kota Sukabumi.

Sesuai dengan SK Gubernur Jawa Barat Nomor 201/ Humas/ SJ/ 1968, keberadaan dan eksistensi Radio ini harus terus  dipertahankan, karena  keberadaan Radio yang ketika itu masih dikenal sebagai RSPD, merupakan media informasi dan hiburan yang merakyat. Oleh karena itu, Wali Kota Sukabumi berpesan kepada seluruh elemen pemerintahan dan masyarakat, untuk bersama-sama menjaga keberadaan dan eksistensi Radio ini.

Selain itu, menurut Wali Kota Sukabumi, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, diterbitkan Peraturan Wali Kota Sukabumi Nomor 6 Tahun 2017 tentang LPPL RSPD, dan Perda Nomor 1 Tahun 2019 tentang LPPL Radio Swara Perintis Kota Sukabumi.

Selanjutnya Wali Kota Sukabumi mengharapkan, dengan nama LPPL Radio Swara Perintis Kota Sukabumi, dapat semakin maju dan berkembang, khususnya dalam mewujudkan ketahanan informasi, memberikan hiburan dan edukasi, serta tetap jaya di udara, sekali di udara tetap di udara.

Leave a Reply