PMI POVINSI JAWA BARAT MENYERAHKAN BANTUAN 1 UNIT TRUK TANGKI AIR KEPADA WALI KOTA SUKABUMI

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

PMI (Palang Merah Indonesia) Povinsi Jawa Barat menyerahkan bantuan 1 unit Truk Tangki Air dari PMI Pusat dan Indomaret, kepada Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, yang selanjutnya diserahkan kembali kepada Ketua PMI Kota Sukabumi, drh. H. Suranto Sumowiryo. Bantuan tersebut diserahkan oleh Sekretaris PMI Provinsi Jawa Barat, Kombes Pol. Purn. H. Ruhanda, M.Si., didampingi oleh Pimpinan Indomaret.

Sementara Wali Kota Sukabumi, menyerahkan penghargaan kepada sejumlah masyarakat pendonor darah 15 kali, 25 kali dan 50 kali, serta penghargaan kepada para juara lomba antar PMI Kecamatan, termasuk juara lomba PMR (Palang Merah Remaja) Tingkat Madya dan Wira. Selanjutnya penghargaan dan uang pembinaan kepada para juara Lomba Citizen Journalism untuk tingkat SMA sederajat dan Lomba Broadcaster atau Penyiar untuk tingkat SMA sederajat dan Perguruan Tinggi.

Bantuan serta penghargaan dan uang pembinaan tersebut, diserahkan pada Upacara Peringatan HUT (Hari Ulang Tahun) Ke 74 PMI dan HUT Ke 50 sekaligus Peluncuran LPPL (Lembaga Penyiaran Publik Lokal) Radio Swara Perintis 93,1 MHZ Kota Sukabumi, hari Rabu, 17 September 2019, di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi.

Dalam sambutannya, Wali Kota Sukabumi mengatakan, seperti diketahui bersama, bahwa PMI disiapkan untuk bersama-sama dengan masyarakat melakukan upaya pengurangan risiko bencana, dan PMI akan melibatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan tersebut, untuk meningkatkan ketangguhan masyarakat.

Oleh karenanya, Wali Kota Sukabumi selaku Kepala Daerah menitipkan beberapa pesan kepada PMI Kota Sukabumi, pertama agar bekerja bersama-sama dengan pemerintah daerah, untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat tentang kesiapsiagaam bencana di wilayah Kota Sukabumi.

Kedua agar merenungkan dan mengimplementasikan 7 prinsip kepalang merahan, yaitu kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan Kesemestaan, dalam menjalankan roda organisasi palang merah.

Selanjutnya ketiga, agar menjadikan kegiatan PMI sebagai kegiatan yang dapat dirasakan oleh masyarakat, yakni PMI jangan hanya hadir pada saat terjadi bencana saja, tapi PMI harus bisa hadir untuk memberikan rasa nyaman dan rasa aman kepada masyarakat.

Usai upacara, dilanjutkan simulasi darurat bencana oleh Anggota PMI termasuk Anggota PMR Madya dan Wira, serta pembuatan 74 tandu darurat bencana oleh Anggota PMR Madya dan Wira.

Leave a Reply