PARA PELAJAR AKAN MENJADI HEBAT APABILA TERUS MEMBUDAYAKAN LITERASI

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Para pelajar di Kota Sukabumi akan menjadi hebat, apabila terus membudayakan literasi, yakni membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu, yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, juga Gerakan Literasi di Kota Sukabumi akan tumbuh dan kokoh serta meningkat dan berkembang dengan baik dan lancar.

Demikian disampaikan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi,  saat memberi sambutan pada acara Semarak Kegiatan Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjungan Perpustakaan di Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 17 September 2019, di Halaman Dispusip (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan) Kota Sukabumi.

Acara tersebut dihadiri oleh ratusan pelajar tingkat SD hingga SMA, khususnya yang mengikuti Lomba Gerakan Sekolah Menulis, dalam rangkaian Bulan Gemar Membaca, yang dilaksanakan dari tanggal 12 sampai dengan tanggal 30 September 2019, serta dirangkai dengan Pelantikan Asosiasi Arsiparis Indonesia Kota Sukabumi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bunda Literasi Kota Sukabumi, Hj. Fitri Hayati Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., Pimpinan Pondok Pesantren Dzikir Alfath Kota Sukabumi, Dr. K.H. Muhammad Fajar Laksana, S.E., CQM., M.M., Ketua Asosiasi Arsiparis Indonesia Provinsi Jawa Barat, serta para tamu undangan lainnya.

Adapun tema yang diangkat dalam acara tersebut, yakni Jejak Literasi Budaya Sunda, serta diisi Pameran Literasi Budaya Perkakas Sunda, Pameran Arsip Sejarah Kota Sukabumi, Book Hunter dan Pameran Perpustakaan Inklusi Berbasis Sosial, untuk mengenang B.J. Habibie.

Wali Kota Sukabumi mengatakan, Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjungan Perpustakaan di Kota Sukabumi ini sangat unik, karena tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah Daerah saja, tapi dilakukan melaui kolaborasi dengan berbahai pihak, diantaranya dengan Pondok Pesantren Dzikir Alfat Kota Sukabumi, khususnya terkait Literasi Budaya, dan Museum Kipahare Kota Sukabumi terkait Permainan dan Perkakas Sunda.

Ditandaskannya, hal tersebut sangat perlu ditampilkan, supaya anak-anak SD hingga SMA yang identik dengan generasi milenial mengetahui Perpakas Sunda, seperti lesung dan yang lainnya. Disamping itu, Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjungan Perpustakaan di Kota Sukabumi ini sangat menarik, karena ditampilkan berbagai barang, khususnya yang identik dengan Literasi Budaya Sunda.

Leave a Reply