PASANGGIRI MAPAG PANGANTEN

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi menggelar Pasanggiri Mapag Panganten pada hari Jumat, 20 September tahun 2019  di Gedung Kesenian Aher Kota Sukabumi.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. H. Dudi Fathul Jawad, M.Pd., menandaskan bahwa Pasanggiri Mapag Panganten memiliki 3 (tiga) tujuan yakni melestarikan budaya leluhur, menjaga kebudayaan leluhur sekaligus memperkenalkan kebudayaan leluhur kepada generasi masa kini. Ia menandaskan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan berkewajiban untuk menjaga dan melestarikan budaya bangsa agar dapat dikenal oleh seluruh masyarakat  Sukabumi.

Sementara itu Kepala Seksi Kebudayaan, Ika Bhinekawati, menjelaskan bahwa maksud  dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mencari bibit – bibit baru pelaku seni budaya yang diharapkan menjadi generasi penerus, menjaga identitas daerah yang memiliki keunikan tersendiri. Penilaian dalam Lomba Mapag Panganten diantaranya dilihat dari aspek tradisi termasuk kreatifitas para peserta lomba.

Pasanggiri Mapag Panganten diikuti 10 sanggar dari Kota maupun Kabupaten  Sukabumi yakni Sanggar Avita, Sanggar Sabadot, Sanggar Gandamanah, Sanggar Gentra Mimitran, Sanggar Pakujajar, Sanggar Sagara, Sanggar Rancage, Sanggar Panghegar, Sanggar Trikarsa dan Sanggar Putra Samudra.

Leave a Reply