GELAR PRODUK DAN TEMU BISNIS UMKM

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Dalam rangka Peringatan Hari UMKM Tingkat Nasional, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Provinsi Jawa barat, melaksanakan kegiatan Gelar Produk dan Temu Bisnis UMKM di Kota Sukabumi pada hari Sabtu, 21 September 2019, di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S Hamami, Kepala UPTD Pendidikan dan Pelatihan Perkoperasian dan Wirausaha Provinsi Jawa Barat, H. Deny Handoyo, S.Sos., MM.

Dalam sambutannya Wali Kota menandaskan bahwa UMKM adalah pilar ekonomi yang memiliki kuat, terbukti ditengah kondisi ekonomi yang sempat turun, UMKM tetap bisa bertahan. Oleh sebab itu, UMKM harus dikuatkan dari berbagai aspek termasuk aspek regulasi maupun dukungan dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Daerah. Program Pemerintah Provinsi Jawa Barat UMKM Juara merupakan salah satu bentuk dukungan nyata Pemerintah Provinsi terhadap keberadaan UMKM di setiap Kota dan Kabupaten. Hal ini sejalan dengan progam Pemerintah Kota Sukabumi yang tengah berusaha membentuk koperasi di setiap kecamatan  dan kelurahan yang akan semakin mendukung keberadaan UMKM.

Sementara itu Kepala UPTD Pendidikan dan Pelatihan Perkoperasian dan Wirausaha Provinsi Jawa Barat, H. Deny Handoyo, S.Sos., MM, menjelaskan bahwa stabilitas ekonomi harus terus di dukung oleh pertumbuhan ekonomi  yang  inklusif dan berkesinambungan. Mewujudkan hal tersebut perlu 2 kebijakan penting yaitu pemenuhan berbagai faktor pendukung bagi pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja. Kemudian pembangunan sektor – sektor ekonomi potensial yang berdaya saing dengan mengoptimalkan teknologi sederhana, informasi  digital, dan e-commerce.

Kegiatan Gelar Produk dan Temu Bisnis UMKM, merupakan kegiatan yang dikemas dalam format road show. Kegiatan ini diisi dengan berbagai acara seperti gelar produk UMKM, temu bisnis, talkshow bisnis, pagelaran seni budaya, termasuk pencetakan rekor pembuatan mochi terbanyak.

Leave a Reply