SENANTIASA MENDORONG ADANYA KETERHUBUNGAN ANTARA PASAR KERJA DAN TENAGA KERJA

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Seperti ditegaskan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa mendorong adanya keterhubungan antara pasar kerja dan tenaga kerja. Salah satu caranya dengan menggiatkan pelatihan keterampilan kepada para pencari kerja dan lulusan SMA sederajat, agar bisa diserap oleh dunia kerja.

Penegasan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan pada Seminar Bedah Pendidikan Pramugari dan Pramugara serta Staf Penerbangan, yang dilaksanakan oleh SAS (Sukabumi Aviation School), baru-baru ini, di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi.

Ditegaskan pula, seperti diketahui bersama, pada saat ini antara ketersediaan lapangan kerja dengan pencari kerja tidak berbanding lurus. Sebab jumlah lapangan kerja sangat terbatas, sedangkan jumlah pencari kerja jauh lebih banyak.

Berkaitan dengan hal tersebut, sangat perlu dibuat sebuah konsep yang dapat menjembatani antara pencari kerja dan lapangan kerja, atau yang lebih dikenal dengan sebutan link match. Atau dengan kata lain, yakni adanya keterhubungan antara kemampuan pencari kerja dengan dunia kerja, sesuai yang diharapkan oleh dunia kerja atau dunia usaha dan industri.

Seperti kebutuhan pramugari dan staf penerbangan dapat dikatakan cukup banyak. Oleh karenanya,  para lulusan SMA sederajat sangat perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan kepramugarian dan staf penerbangan, supaya dapat direkrut oleh dunia penerbangan.

Wali Kota Sukabumi mengharapkan, dengan dilaksanakannya Seminar Bedah Pendidikan Pramugari dan Pramugara serta Staf Penerbangan ini, dapat menjawab tantangan dunia kerja yang dibutuhkan. Sehingga kebutuhan dunia kerja bisa tercukupi, sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh para pencari kerja.

Dikatakannya, terkadang seseorang merasa puas dengan panjangnya gelar akademis. Namun untuk saat ini, yakni di era revolusi industri 4.0 gelar tidak menjamin, karena yang dibutuhkan yang memiliki kompetensi dan skill, khususnya dalam menjawab kebutuhan dunia kerja atau dunia usaha dan industri.

Leave a Reply