WALI KOTA SUKABUMI MENANDATANGANI KESEPAKATAN BERSAMA TENTANG PEMBANGUNAN DAERAH

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, berserta 26 Kepala Daerah se Jawa Barat, menandatangani kesepakatan bersama tentang pembangunan daerah, dalam forum Kopdar (Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah) Provinsi Jawa Barat, tanggal 26 September 2019, di Hotel Pantai Indah Timur, Kabupaten Pangandaran, serta disaksikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Hadir dalam kesempatan tersebut, para Kepala Perangkat Daerah terkait, serta para tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Barat mengharapkan, pertemuan Kopdar ini dapat menjadi momentum bagi para Kepala Daerah se Jawa Barat, untuk menyampaikan aspirasi serta program pembangunan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Diharapkan pula, koordinasi antar Pemerintahan Daerah pun bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Dalam Forum Kopdar ini, juga disosialisasikan program BJB Indah (Infrastruktur Daerah), kepada seluruh Kepala Daerah se di Jawa Barat. Adapun program BJB Indah ini, merupakan program pembiayaan, untuk mendukung kegiatan infrastruktur di daerah.

Sementara Wali Kota Sukabumi menjelaskan, forum Kopdar dapat menjadi sarana bagi Kepala Daerah, baik kabupaten maupun kota, untuk menyampaikan saran dan masukan serta kebutuhan daerah langsung kepada Gubernur. Untuk itu, Pemerintah Kota Sukabumi sangat mengapresiasi forum Kopdar, yang pada tahun 2019 ini sudah 3 kali dilakukan.

Diharapkannya, Kopdar ini bisa menjembatani dan menjadi wahana, khususnya dalam merumuskan dan menyusun perencanaan kegiatan pada tahun mendatang, terutama kegiatan yang berada di Tapem (Tata Pemerintahan) dan e-Planning yang diinisiasi oleh Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah), bisa sinergis dengan yang lainnya.

Diharapkan pula, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dapat mengatur jadwal Kopdar dan penyampaian e-Planning yang diusulkan oleh setiap daerah, serta bisa terpenuhi dan diterima oleh Gubernur. Dengan demikian, berbagai program pembangunan di daerah bisa berjalan dengan baik dan cepat.

Leave a Reply