SEBANYAK 3 PUSKEMAS DI KOTA SUKABUMI MEMBUKA PELAYANAN KESEHATAN HINGGA MALAM HARI

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Sebanyak 3 Puskemas di Kota Sukabumi, membuka pelayanan kesehatan hingga malam hari, yakni dari mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.00 WIB, dilanjutkan pukul 15.00 sampai dengan pukul 19.00 WIB. Adapun ke 3 Puskesmas tersebut, terdiri dari Puskesmas Sukabumi Kecamatan Cikole, Puskesmas Selabatu Kecamatan Cikole, dan Puskesmas Baros Kecamatan Baros.

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menjelaskan, pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh ke 3 Puskesmas tersebut, untuk mengantisipasi adanya masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan, serta tidak bisa berobat pada pagi atau siang hari. Dijelaskan pula, sejak ke 3 Puskesmas tersebut membuka pelayanan kesehatan hingga malam hari, jumlah pasien yang berkunjung ke 3 Puskesmas tersebut mencapai 6.109 orang. Antara lain, Puskesmas Sukabumi sebanyak 2.294 orang, Puskesmas Selabatu 1.298 orang, dan Puskesmas Baros 2.517 orang.

Sedangkan pelayanan kesehatan lainnya yang sedang gencar dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Sukabumi, antara lain pelayanan Home Care dan Ambulance Gratis Sigap (Siap dan Ikhlas Antar Jemput Pasien) di Kota Sukabumi. Selain itu juga dilaksanakan upaya kesehatan dalam bentuk UKP (Upaya Kesehatan Perseorangan) dan UKM (Upaya Kesehatan Masyarakat), dengan upaya pendekatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif, yang dilaksanakan secara terpadu serta menyeluruh dan berkesinambungan. Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya pelayanan keehatan tersebut, dalam rangka upaya untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Selanjutnya Rumah Singgah Pemerintah Kota Sukabumi, yang berlokasi di Jalan Mulyasari Culdesac Nomor 7 RT 02 RW 04 Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, yang dilengkapi 1 unit mobil ambulance khusus, untuk melayani para pasien dan keluarga pasien warga Kota Sukabumi, yang beristirahat atau menginap di Rumah Singgah Pemerintah Kota Sukabumi. Diharapkannya, dengan adanya Rumah Singgah tersebut, dapat membantu dan meringankan beban sekaligus meningkatkan pelayanan kepada warga Kota Sukabumi yang berobat di Kota Bandung.

Leave a Reply