PEMBERDAYAAN EKONOMI BAGI DISABILITAS

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Lembaga Pemberdayaan dan Kesejahteraan Panca Karya Indonesia (LPKPI) melaksanakan kegiatan Pemberdayaan Ekonomi bagi Disabilitas pada hari Sabtu, 12 Oktober 2019 di Aula Pertemuan Hotel Anugrah Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, Deputi Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia sekaligus Ketua LPKPI, Dwi Mukti Wibowo SH.MH, Sekretaris Dinas Sosial Kota Sukabumi,  Aim Sunarya M.Si, dan tamu undangan lainnya.

Wali Kota dalam sambutannya menandaskan bahwa kaum disabilitas memiliki berbagai macam potensi yang wajib diangkat dan diberikan tempat oleh Pemerintah sehingga mereka dapat berkarya sesuai potensinya masing – masing. Ia mengapresiasi langkah – langkah yang dilakukan LPKPI, karena dengan keberadaannya, dapat berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah untuk mengangkat potensi kaum disabilitas. Wali Kota juga menjelaskan bahwa infrastruktur di Kota Sukabumi diupayakan selalu ramah disabilitas. Salah satunya trotoar di beberapa ruas jalan utama yang memiliki jalur khusus untuk disabilitas pun ketinggiannya diturunkan agar semakin memudahkan akses disabilitas.

Sementara itu ketua LPKPI menjelaskan bahwa LPKPI merupakan lembaga pemberdayaan untuk kesejahteraan panca karya Indonesia diantaranya pemberdayaan disabilitas,lansia,dan anak anak, kemudian pengembangan UMKM dan ekonomi desa, dan pemberdayaan seni dan budaya. Saat ini LPKPI tengah mengadakan kunjungan ke berbagai daerah untuk mendirikan LPKPI tingkat daerah.

Acara pemberdayaan ekonomi disabilitas ini diisi dengan pemaparan beberapa narasumber diantaranya Dinas Sosial Kota Sukabumi dan pendiri Koptul (Kopi Tuli).

Leave a Reply