HIMPAUDI KOTA SUKABUMI MELAKSANAKAN LATIHAN MANASIK HAJI

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

HIMPAUDI (Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia) Kota Sukabumi, melaksanakan latihan manasik haji bagi anak-anak usia dini, yang dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2019, bertempat di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi. Adapun yang hadir pada kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi, H. Ahmad Fahmi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Drs. Dudi Fathul Jawad, M.Pd., para Pengawas dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutanya Wali Kota Sukabumi menandaskan, ibadah haji menandakan atau menunjukan kebersamaan. Pada latihan manasik haji, ditunjukkan kebersamaan anak-anak dalam melaksanakan peragaan manasik haji. Karena diikuti oleh berbagai PAUD, serta anak-anak berkumpul dan bersatu melaksanakan kegiatan tersebut.

Dikatakannya, ibadah haji membutuhkan pengenalan dan pembiasaan bagi anak anak. Diharapkannya, dari kegiatan ini dapat memberikan pengenalan dan pembiasaan ibadah haji kepada anak-anak, serta dapat berdampak kepada anak-anak untuk mempunyai cita-cita yang besar melaksanakan ibadah haji.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana, Endang Saepullah menjelaskan, ibadah haji merupakan manusia pilhan-pilihan Alloh, yang benar-benar berniat dan mendapatkan ridho Alloh untuk bisa melaksanakan ibadah haji. Kegiatan ini merupakan latihan manasik haji bagi anak-anak usia dini, sekaligus memperkenalkan bentuk simulasi dari pengenalan rukun islam.

Diharapkannya, melalui kegiatan ini dapat membantu anak-anak usia dini, dalam mengembangkan 6 program, baik pengembangan nilai moral agama dan bahasa, maupun komunitif, fisik motorik, sosial dan ekonomi. Diharapkan pula, keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini, merupakan hal yang sangat penting, karena dapat meningkatkan rasa percaya diri bagi anak. Adapun peserta pelatihan manasik haji ini, seluruhnya berjumlah 2.641 anak, dari 168 PAUD yang ada di Kota Sukabumi.

Leave a Reply