PENTINGNYA KOLABORASI DALAM PEMBANGUNAN KOTA SUKABUMI

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada, M.M. menandaskan, pentingnya kolaborasi dalam pembangunan Kota Sukabumi, termasuk dari unsur pengusaha atau bisnis. Hal ini mengacu pada konsep Pentahelix ABCGM, yakni Akademisi, Bisnis, Community, Government dan Media.

Penandasan Sekretaris Daerah Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat membuka secara resmi Muscab (Musyawarah Cabang) Ke IX Gapensi (Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia) Kota Sukabumi, tanggal 17 Oktober 2019, di Hotel Balcony Kota Sukabumi.

Diharapkannya, Muscab Gapensi Kota Sukabumi ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta dapat menghasilkan kepengurusan yang baik, sehingga dapat menyusunan program kerja selaras dengan program kerja pemerintah. Selain itu, juga dapat memberikan kontribusi dan koloborasi, dalam pembangunan Kota Sukabumi.

Dikatakannya, Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa mendorong terhadap pengembangan para Pengusaha Jasa Konstruksi di Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, supaya bisa lebih bersaing dengan para pengusaha dari luar daerah Kota Sukabumi.

Dikatakan pula, setiap asosiasi pengusaha di daerah ada asosiasi pengusahanya di pusat. Untuk itu, setiap asosiasi pengusaha di daerah, agar melakukan komunikasi dengan asosiasi pengusahanya di pusat. Karena Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa menginginkan, agar para pengusaha penyedia jasa konstruksi di Kota Sukabumi dapat berkembang pesat, dengan mengerjakan proyek-proyek besar.

Namun demikian, Pemerintah Kota Sukabumi tidak bisa bertindak diskriminatif, dengan menutup akses para pengusaha dari luar daerah Kota Sukabumi. Karena hal tersebut sangat bertentangan dengan Perpres (Peraturan Presiden) Nomor 70 Tahun 2012 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. Disamping itu, Pemerintah Kota Sukabumi juga tidak bisa mengatur keputusan tersebut, sebab semua keputusan sudah diatur di pusat.

Leave a Reply