WALI KOTA SUKABUMI CERAMAH UMUM DI KAMPUS STIA LAN BANDUNG

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, ceramah umum di Kampus STIA LAN (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara) Bandung, tentang Kebijakan Manajemen Kepegawaian Pemerintah Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 18 Oktober 2019, didampingi Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada, M.M.

Dikatakannya, ini merupakan bentuk kepercayaan dari Kampus STIA LAN Bandung kepada Pemerintah Kota Sukabumi, untuk memaparkan Manajemen ASN (Aparatur Sipil Negara) kepada para Mahasiswa STIA LAN Bandung. Dikatakan pula, semangat semua masyarakat sama, baik pemuda dan mahasiswa, yakni merebut masa depan. Artinya jangan menyerahkan masa depan kepada orang lain.

Selanjutnya Wali Kota Sukabumi menjelaskan, Kebijakan Manajemen Kepegawaian Pemerintah Kota Sukabumi didasarkan pada dua regulasi, yakni Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, dan PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS (Pegawai Negeri Sipil).

Dijelaskan pula, semua kota dan kabupaten mengacu pada dua regulasi tersebut. Disamping itu, berdasarkan regulasi tersebut, baik wali kota maupun bupati mendapatkan mandatory sebagai PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian), atau pejabat yang memiliki kewenangan dalam melakukan pembinaan dan pemindahan pegawai, baik mutasi dan rotasi maupun promosi, serta memberhentikan PNS yang tidak melakanakan tugas dengan baik dan sudah tidak bisa dibina.

Adapun tugas ASN, menurut undang-undang yang berlaku, yakni sebagai pelaksana kebijakan publik yang dibuat oleh kepala daerah. Sebagai salah satu contohnya, wali kota merumuskan kebijakan publik, yang didasarkan pada janji-janji politik pada saat kampanye mencalonkan wali kota, seperti dalam bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan yang lainnya, serta dimasukan dalam visi misi dan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah).

Selain itu, Wali Kota Sukabumi juga menjelaskan, PNS harus senantiasa memperhatikan perilaku yang baik di tengah masyarakat, sekaligus menjadi teladan dan contoh yang baik bagi masyarakat. (Sumber Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Sukabumi).

Leave a Reply