PEMERINTAH KOTA SUKABUMI AKAN MENINGKATKAN SPIP KE MATURITAS LEVEL III

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, didampingi Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada, M.M. menandaskan, Pemerintah Kota Sukabumi akan senantiasa berupaya optimal meningkatkan SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah) ke maturitas level III.

Penandasan tersebut disampaikan saat menyambut sekaligus menerima secara resmi Tim BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) Provinsi Jawa Barat, yang dipimpin oleh Korwas (Koordinator Pengawas) BPKP Provinsi Jawa Barat, Agus, tanggal 21 Oktober 2019, di Ruangan Utama Balai Kota Sukabumi. Adapun yang hadir pada kesempatan tersebut, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan para tamu undangan lainnya.

Ditandaskan pula, kedatangan tim tersebut dalam rangka upaya memperkuat penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP ke maturitas level III di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi. Selain itu juga ditandaskan, maturitas SPIP merupakan tingkat kematangan atau kedewasaan dalam penyelenggaraan SPIP, untuk mencapai tujuan pengendalian intern.

Wali Kota Sukabumi menjelaskan, untuk mencapai SPIP ke maturitas level III, di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi tentunya masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki sekaligus ditingkatkan dan dikembangkan. Dijelaskan pula, kedatangan Tim BPKP Provinsi Jawa Barat ini, dalam rangka upaya pembinaan sekaligus memberikan motivasi kepada Pemerintah Kota Sukabumi, dalam melaksanakan praktik pengendalian intern dan terdokumentasi dengan baik, untuk meningkatkan SPIP Kota Sukabumi, dari maturitas rintisan ke maturitas level III terdefinisi.

Sedangkan tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP ini, didefinisikan sebagai kerangka kerja yang memuat karakteristik dasar, serta menunjukkan tingkat kematangan atau kedewasaan dalam penyelenggaraan SPIP yang terstruktur dan berkelanjutan. Tingkat maturitas ini dapat digunakan sebagai instrumen evaluatif dalam penyelenggaraan SPIP, serta panduan generik untuk meningkatkan maturitas sistem pengendalian intern. (Sumber Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Sukabumi).

Leave a Reply