PEMERINTAH KOTA SUKABUMI TERUS BERKOMITMEN MENGEMBANGKAN S-MART

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi terus berkomitmen meningkatkan dan mengembangkan S-Mart (Sukabumi Mart) di Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, untuk lebih memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan meningkatkan dan mengembangkan usaha koperasi. Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., dalam Rapat Pengembangan S-Mart, di Balai Kota Sukabumi, yang diikuti oleh para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan lembaga terkait, serta BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) dan Perusahaan Swasta.

Dijelaskannya, Pemerintah Kota Sukabumi akan senantiasa berupaya optimal mengupayakan dan melakukan kerja sama dengan berbagai pihak terkait dan masyarakat, untuk membentuk sekaligus meningkatkan dan mengembangkan S-Mart di Kota Sukabumi, yakni minimal di setiap kelurahan di Kota Sukabumi ada satu S-Mart. Adapun mengenai kepemilikan modalnya, yakni 30 persen dari pihak ketiga, bisa BUMD atau Perusahaan Swasta, dan 70 persen milik masyarakat melalui koperasi, baik koperasi konvensional maupun koperasi syari’ah.

Dijelaskan pula, upaya tersebut dilakukan, selain untuk meningkatkan dan mengembangkan S-Mart, juga untuk meningkatkan dan mengembangkan koperasi dan jumlah anggota koperasi di Kota Sukabumi, serta untuk meningkatkan kesejahteraannya. Selain itu juga dijelaskan, setiap S-Mart yang ada di setiap kelurahan di Kota Sukabumi, akan diarahkan untuk terus membina sekaligus menopang dan mendorong warung-warung Sukabumi Kece (Kelurahan Entrepreneurship Center), di wilayahnya masing-masing.

Wakil Wali Kota Sukabumi mengatakan, dilaksankannya program Sukabumi Kece ini menindaklanjuti aspirasi masyarakat Kota Sukabumi, untuk menciptakan dan mencetak para pelaku usaha baru di Kota Sukabumi, termasuk inkubator pelaku bisnisnya, serta modal usaha, pendidikan, pelatihan, pendampingan dan pengembangannya. Selanjutnya dikatakan, dilaksanakannya berbagai program dan kebijakan tersebut, untuk mencapai Visi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi yang Renyah (Religius, Nyaman dan Sejahtera).

Leave a Reply