CARA BERADAPTASI DENGAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI SALAH SATUNYA MELALUI BUDAYA LITERASI

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Cara beradaptasi dengan perkembangan teknologi, salah satunya melalui budaya literasi. Karena literasi bukan hanya membaca buku, tapi banyak macamnya, seperti literasi budaya dan teknologi. Oleh karenanya, Kota Sukabumi menggulirkan beberapa inovasi dalam literasi, diantaranya gerakan Sugema (Sukabumi Gemar Membaca), sahabat Geulis (Gerakan Literasi Sukabumi), dan program turunan dari Provinsi Jawa Barat, yakni Kolecer (Kotak Literasi Cerdas).

Demikian al disampaikan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, dalam sosialisasi budaya literasi yang diselenggarakan Dispusip (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan) Kota Sukabumi, yang mengangkat tema Berprestasi Dengan Budaya Literasi. Kegiatan yang berlangsung tanggal 30 Oktober 2019, di Hotel Maxone Kota Sukabumi ini, diikuti para guru dan pelajar di Kota Sukabumi.

Hadir pada kesempatan tersebut, adBunda Literasi Kota Sukabumi, Hj. Fitri Hayati Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., Wakil Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Eva Siti Rahmatillah, Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Andri Setiawan, M.M., para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, dan para tamu undangan lainnya.

Ditandaskannya, Kota Sukabumi terus menggencarkan sosialisasi budaya literasi kepada semua kalangan masyarakat, termasuk kepada para pelajar. Hal tersebut sesuai dengan tugas pemerintah, yakni melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan dan mencerdaskan bangsa. Selain itu, juga untuk mencapai target Kota Sukabumi, yakni pada tahun 2021 mendatang menjadi Kota Literasi.

Ditandaskan pula, gerakan ini untuk mendongkrak pertumbuhan literasi di Kota Sukabumi, serta untuk meningkatkan budaya literasi di kalangan pelajar di Kota Sukabumi. Dengan demikian, para pelajar di Kota Sukabumi dapat menjadi duta atau agen literasi di sekolahnya, serta dapat menyampaikannya kembali kepada teman-temannya. Sebab edukasi melalui temannya akan lebih efektif, serta dapat berpartisipasi membangun Kota Sukabumi secara bersama-sama dalam dunia literasi.

Sementara Kepala Dispusip Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu, S.H., M.H. menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini, dalam rangka upaya mencetak agen literasi, untuk mendukung program sahabat Geulis. Disamping itu, juga untuk menumbuhkembangkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan sekolah, keluarga dan masyarakat, dalam rangka meningkatkan kualitas hidup. Diharapkannya, target Kota Sukabumi pada tahun 2021 mendatang menjadi Kota Literasi dapat terwujud.

Leave a Reply