MASYARAKAT AGAR BERHATI-HATI PADA SAAT MENJELANG PEMBUKAAN PENDAFTARAN CPNS

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, menghimbau kepada masyarakat, agar berhati-hati pada saat menjelang pembukaan pendaftaran penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil), atas kemungkinan munculnya berbagai modus penipuan. Untuk itu, masyarakat agar tidak mempercayai terhadap siapapun, yang menjanjikan dapat meloloskan seseorang menjadi PNS atau ASN (Aparatur Sipil Negara).

Sebab dalam pendaftaran dan tes CPNS ini dilakukan secara massal, serta menggunakan CAT (Computer Assisted Test). Dengan demikian, nilai hasil tes bisa langsung diketahui pada saat itu juga, setelah tes selesai. Untuk menghindari penipuan, masyarakat agar memperhatikan ketentuan dan persyaratan penerimaan CPNS. Adapun ketentuan dan syarat penerimaan CPNS ini, dapat dilihat di situs web resmi milik BKN (Badan Kepegawaian Nasional), atau pemerintah provinsi, kabupaten dan kota.

Selain itu, Wali Kota Sukabumi mengimbau kepada masyarakat yang berminat mendaftar dan mengikuti tes CPNS, agar memenuhi ketentuan dan persyaratan pendaftarannya. Dikatakannya, penerimaan CPNS ini sifatnya terbuka untuk masyarakat, baik umum maupun Pegawai Honorer K2 (Kategori 2). Dikatakan pula, Pemerintah Kota Sukabumi hanya sebatas mengajukan kebutuhan CPNS saja. Karena pelaksanaan tes dan pengumuman hasil tesnya dilakukan oleh Pemerintah Pusat. Disamping itu, pelaksanaan tes CPNS ini dilakukan secara terbuka dan profesional.

Lebih jauh dikatakan, dalam penerimaan CPNS tahun ini, Pemerintah Kota Sukabumi mendapatkan sebanyak 114 formasi. Sedangkan secara nasional, penerimaan CPNS pada tahun ini seluruhnya berjumlah 152.286 formasi. Antara lain untuk di instansi pusat di 68 kementerian dan lembaga sebanyak 37.425 formasi, serta untuk di 462 Pemerintah Daerah se Indonesia sebanyak 114.861 formasi. (Sumber Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Sukabumi).

Leave a Reply