4 SEKOLAH DINILAI DALAM LSS PROVINSI JAWA BARAT

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Sebanyak 4 sekolah di Kota Sukabumi yakni TB – TK Sukapirena, SD Negeri CBM Cipanengah, SMP Negeri 7 serta SMA Negeri I dinilai oleh Tim Penilai LSS (Lomba Sekolah Sehat) tingkat  Provinsi Jawa Barat, pada hari Kamis 7 November 2019. Adapun kedatangan Tim Penilai tersebut, disambut dan diterima secara resmi oleh  Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada , M.M., beserta jajaran serta TP – UKS Kota Sukabumi di ruangan utama Balai Kota Sukabumi.

Sekretaris Daerah dalam sambutannya menjelaskan bahwa UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) di Kota Sukabumi dilaksanakan secara terpadu, melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan di sekolah. Hal ini dilakukan dalam rangka upaya memelihara dan meningkatkan kesehatan peserta didik, para pengajar serta lingkungan sekitar sekolah.

Sedangkan Ketua Tim Penilai LSS Tingkat  Provinsi Jawa Barat Tahun 2019, Drs. H. Hasanudin, M.Si, menjelaskan bahwa  maksud dan tujuan dilaksanakannya LSS adalah untuk meningkatkan kebiasan hidup sehat atau budaya hidup sehat di lingkungan sekolah. Kota Sukabumi merupakan kota ketiga yang dinilai dalam LSS tahun ini. Tim Penilai LSS Provinsi Jawa Barat terdiri dari, antara lain Pengawas SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, serta Setda Provinsi Jawa Barat.

Penilaian kemudian dilanjutkan dengan tinjauan ke lapangan untuk melihat sarana dan prasaran ataupun inovasi sekolah  yang dijadikan indikator penilaian dalam LSS. Diantara sarana – prasarana yang dinilai antara lain tempat pengelolaan sampah, kantin sehat, fasilitas UKS serta fasilitas kebersihan lainnya.

Leave a Reply