PEMERINTAH KOTA SUKABUMI MENDAPAT PENGHARGAAN LAYANAN SANGAT BAIK DARI KEMENPAN-RB

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi mendapat Penghargaan Layanan Sangat Baik dari KemenPAN-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), untuk pelayanan publik yang dilakukan Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Sukabumi. Penghargaan tersebut diserahkan oleh MenPAN-RB, Tjahjo Kumolo, kepada Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, pada acara penyampaian hasil evaluasi dan penghargaan penyelenggaraan pelayanan publik wilayah I, di Hotel Aston Batam, Kota Batam, tanggal 7 November 2019.

Wali Kota Sukabumi menandaskan, dengan didapatnya penghargaan ini, menjadi pemacu dan motivasi bagi Pemerintah Kota Sukabumi, untuk terus meningkatkan kualitas layanan dalam berbagai bidang kepada masyarakat. Dijelaskannya, didapatnya penghargaan tersebut, karena Disdukcapil Kota Sukabumi senantiasa menggiatkan dan menggencarkan program Si Jempol (Siap Jemput Bola) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sebab program Si Jempol ini merupakan inovasi untuk mendekatkan dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya di luar layanan regular lima hari kerja.

Selain itu, program Si Jempol ini juga dilakukan di luar jam kerja, yakni pada hari Sabtu dan Minggu atau pada hari libur, di sejumlah titik, baik di permukiman masyarakat maupun di sekolah serta di perusahaan dan pasar. Uniknya dokumen yang dibuat dalam program Si Jempol ini, pada hari itu juga harus jadi, sehingga masyarakat bisa mendapatkan layanan dengan cepat dan mudah. Karena ditunjang dengan SDM (Sumber Daya Manusia) yang baik, serta sarana dan prasarana yang nyaman dan sistem yang terintegrasi. Disamping itu, juga sesuai dengan tagline layanan publik di Kota Sukabumi, yakni santun dan melayani.

Dalam pada itu, Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T. menambahkan, didapatnya penghargaan ini salah satunya karena adanya program Si Jempol. Selain itu, juga sinergitas dan kolaborasi pelayanan dengan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) lainnya, sehingga dapat saling mendukung dan membantu dalam melaksanakan pencapaian indikator kinerja masing-masing SKPD. Melalui upaya tersebut, cakupan kepemilikan dokumen  kependudukan di Kota Sukabumi mencapai 90 persen. Dikatakannya, ke depan upaya peningkatan kualitas layanan dengan sejumlah inovasi akan terus digulirkan dan ditingkatkan. (Sumber Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Sukabumi).

Leave a Reply