AMERICAN RED CROSS, USAID, KEDUBES AS KUNJUNGI PEMERINTAH KOTA SUKABUMI

Reporter/Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Palang Merah Amerika Serikat (American Red Cross), USAID, Kedutaan Besar Amerika Serikat didampingi Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat dan Kota Sukabumi, beraudiensi dengan Pemerintah Kota Sukabumi mengenai penanggulangan bencana pada hari Selasa, 12 November 2019 di Balai Kota Sukabumi.

Dalam audiensi yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada, M.M., dijelaskan mengenai program penanggulangan bencana di Kota Sukabumi yang telah diterapkan seperti Kelurahan Tangguh Bencana. Sekretaris Daerah juga menjelaskan bahwa kewaspadaan mengenai bencana selalu diberikan kepada masyarakat salah satunya melibatkan para ketua RW.

Selepas audiensi, dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa tempat diantaranya Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi. Dalam kunjungan American Red Cross, USAID dan Kedutaan Besar Amerika Serikat tersebut, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika, Kurnia Rahmandani, S.IP., M.AP., diantaranya menjelaskan mengenai aplikasi android Super yang telah dilengkapi Tombol Panik / Panic Button, untuk kegawatdaruratan.

Selanjutnya juga dijelaskan mengenai frekuensi radio kebencanaan, prosedur penanganan bencana, serta peran Dinas Komunikasi dan Informatika dalam penanggulangan bencana. Kunjungan juga dilakukan ke Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Swara Perintis Kota Sukabumi untuk mengetahui sejauh mana peran radio siaran dalam penanggulangan bencana.

Kunjungan American Red Cross, USAID dan Kedutaan Besar Amerika Serikat ke Kota Sukabumi terkait dengan dijadikannya PMI Kota Sukabumi sebagai salah satu diantara 2 daerah di Indonesia yang dijadikan proyek percontohan kerjasama PMI Pusat dengan American Red Cross dalam penanggulangan bencana. Proyek percontohan tersebut saat ini difokuskan di Kecamatan Baros.

Leave a Reply