INGKATKAN KOMPETENSI ASN, BKPSDM GELAR WORKSHOP CDNA

Reporter/Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Sukabumi, menggelar workshop Competency Development Need Analysis (cDNA) atau analisis kebutuhan pengembangan kompetensi, pada hari Senin, 18 November 2019 di Hotel Maxone Kota Sukabumi. Workshop ini diikuti oleh 80 orang ASN yang terdiri dari para pengelola bidang kepegawaian termasuk para penyuluh pertanian. Workshop yang digelar selama 3 (tiga) hari yaitu pada tanggal 18, 19 dan 22 November 2019, dibuka secara resmi oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi.

Dalam sambutannya ketika membuka jalannya kegiatan, Wali Kota menegaskan bahwa Pemerintah Kota Sukabumi berkomitmen untuk terus meningkatkan kompetensi ASN salah satunya dengan pemberian tunjangan kinerja bagi para ASN. Para ASN dituntut untuk selalu meningkatkan kompetensi agar selaras dengan berbagai tantangan yang diantaranya hadir melalui perkembangan teknologi informasi. Ia juga menegaskan bahwa peran ASN sebagai pelayan masyarakat yang harus memilik ketulusan, keikhlasaan, santun dan melayani ketika memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta sigap terhadap semua kebutuhan masyarakat.

Workshop ini menghadirkan beberapa narasumber diantaranya, Kepala Pusat Pembinaan Program dan Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN Lembaga Administrasi Negara RI, Erna Irawati  S.Sos.,M.Pol.Adm, yang dalam pemaparannya menjelaskan mengenai kebijakan pengembangan kompetensi ASN. Dalam pemaparannya diterangkan berbagai faktor yang menuntut ASN harus terus mengembangkan kompetensi seperti perubahan global, perubahan demografi, dan perkembangan teknologi. Dijelaskan juga ASN saat ini dituntut untuk menjadi ASN kelas dunia pada tahun 2024, dengan parameternya yakni memiliki kompetensi, menguasai bahasa internasional dan menguasai teknologi.

Materi lainnya dalam workshop ini yaitu sosialisasi serta implementasi aplikasi CDNA oleh Erik Andriyatma, S.STP,M.Si, Widyaiswara BPSDM Provinsi Jawa Barat serta kebijakan manajemen ASN di Kota Sukabumi yang disampaikan oleh BKSDM Kota Sukabumi.

Leave a Reply