PEMERINTAH SENANTIASA MENDORONG UPAYA DAN INOVASI DI BIDANG PELAYANAN KESEHATAN

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Seperti ditandaskan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, pemerintah senantiasa mendorong upaya dan inovasi di bidang pelayanan kesehatan, khususnya dalam melakukan efisiensi pelayanan kesehatan dengan terobosan-terobosan baru. Penandasan tersebut disampaikan saat memimpin Upacara Peringatan Ke 55 HKN (Hari Kesehatan Nasional) Tahun 2019 Tingkat Kota Sukabumi, tanggal 18 November 2019, yang dipusatkan di Halaman Apel Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dengan mengangkat tema Generasi Sehat, Indonesia Unggul.

Ditandaskan pula, dilaksanakannya Peringatan HKN ini untuk mengingatkan kepada publik, bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud, apabila semua komponen bangsa dapat berperan serta. Selanjutnya ditandaskan, sesuai dengan amanat Menteri Kesehatan, momen Peringatan HKN ini untuk mendorong inovasi dan prestasi serta pelayanan terbaik dalam bidang kesehatan, dengan berkolabroasi bersama seluruh elemen masyarakat.

Selain itu juga ada beberapa Isu yang harus diwaspadai oleh seluruh elemen masyarakat, seperti stunting atau kekurangan gizi, JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), penyediaan pelayanan dan kesehatan, harga obat hingga alat kesehatan dalam negeri. Dijelaskannya, stunting sempat menjadi masalah kesehatan yang sangat disorot di Indonesia.

Dijelaskan pula, berdasarkan hasil riset tahun 2013, prevalensi balita stunting di Indonesia mencapai angka 37,8 persen, dan pada tahun 2019 mengalami penurunan menjadi 27,67 persen, berkat adanya upaya dan koordinasi dari semua pihak. Dikatakannya, upaya penanganan dan penurunan terhadap angka stunting ini harus senantiasa dilakukan oleh semua pihak, karena masalah stunting ini masih menjadi permasalahan serius di masyarakat. (Sumber Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Sukabumi).

Leave a Reply