DINAS KESEHATAN KOTA SUKABUMI MENYELENGGARAKAN WORKSHOP PPGD

Reporter : MAMAT RAHMAT

Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Kejadian gawat darurat biasanya berlangsung cepat dan tiba-tiba, sehingga sangat sulit memprediksi. Adapun langkah terbaik untuk mengantisipasinya, yakni harus senantiasa waspada. Selain  itu, juga harus dipikirkan satu bentuk mekanisme bantuan kepada korban dari awal tempat kejadian, serta kualitas hidup korban pada akhir bantuan, harus tetap menjadi tujuan dari seluruh rangkaian pertolongan yang diberikan.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, selama 3 hari tepatnya dari tanggal 19 sampai dengan 21 November 2019, menyelenggarakan Workshop PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat) kepada 300 orang peserta, yang terdiri dari PSM, TKSK, TAGANA, BPBD, PKK, SKPD dan Perusahaan, bertempat di Ruangan Pertemuan Hotel Maxone Kota Sukabumi.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi, Hj. Fitri Hayati Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. Adapun yang bertindak sebagai nara sumber, yakni dr. Gardika, Sp,B., dr. Wahyu Hendriana, dan Sulaemen, Skep., Ners. Sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakannya worshop tersebut, dalam rangka memberikan pengetahuan dan pemahaman SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu) dan implementasinya kepada para peserta, untuk mewujudkan safe community.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi menjelaskan, PPGD perlu didukung oleh semua pihak termasuk masyarakat, supaya masyarakat pada umumnya dapat memberikan pertolongan pertama kepada korban kecelakaan atau yang lainnya. Dijelaskan pula, Workshop PPGD ini sangat bersinergi dengan Program Home Care Pemerintah Kota Sukabumi.

Selanjutnya Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi mengharapkan kepada para peserta, setelah mengikuti workshop ini dapat menjelaskan konsep safe community dan konsep SPGDT sekaligus menyimpulkan manfaat dari safe community dan SPGDT, termasuk implementasinya kepada korban kecelakaan atau yang lainnya.

Leave a Reply