JAMBORE LITERASI KOKOHKAN KOTA SUKABUMI SEBAGAI KOTA LITERASI

Reporter/Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi menggelar puncak kegiatan Jambore Literasi pada hari Rabu, 20 November 2019, di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, diikuti para pelajar dari tingkat  PAUD/TK hingga SMA.

Rangkaian kegiatan Jambore literasi tahun 2019, dimulai sejak 18 November yang lalu, diisi berbagai lomba literasi untuk tingkat PAUD/TK, SD hingga SMP. Adapun lomba tersebut diantaranya mencakup lomba pidato bahasa Inggris, literasi digital, dan story telling. Sedangkan pada puncak Jambore diadakan beberapa permainan bagi para peserta Jambore seperti membuat lampion, origami dan book hunter.

Puncak Jambore Literasi dihadiri oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota, H. Andri S Hamami, Bunda Literasi Kota Sukabumi, Hj. Fitri Hayati Fahmi, serta jajaran Forkopimda Kota Sukabumi.

Wali Kota Sukabumi menandaskan bahwa Jambore Literasi merupakan bagian dari inovasi di bidang pendidikan. Hal ini sejalan dengan amanat Presiden RI yakni percepatan pembangunan yang didasari inovasi di bidang pendidikan. Ia menambahkan untuk semakin membangkitkan minat literasi dikalangan pelajar, akan disosialisasikan 6 jenis literasi diantaranya literasi bahasa dan literasi digital.

Pada Jambore Literasi ini juga diserahkan berbagai penghargaan kepada para juara lomba, termasuk penghargaan tokoh perpustakaan Kota Sukabumi kepada H. Udin Koswara, S.H, Wali Kota Sukabumi periode 1993 – 1997.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi, Hj. Nicke Siti Rahayu, SH,M.H., menandaskan jambore ini merupakan Jambore Literasi ke – 4 dan diikuti oleh 1.300 pelajar se – Kota Sukabumi serta diadakan dalam rangka meningkatkan kualitas masyarakat.

Leave a Reply