PENGELOLAAN DBHCHT DINAS KESEHATAN

Reporter/Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi tahun 2019, mengelola Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang digunakan untuk Jaminan Kesehatan Nasional, pengadaan obat dan alat – alat kesehatan. Khusus obat – obatan, Dinas Kesehatan, mengalokasikan DBHCHT untuk pengadaan obat – obatan penyakit yang ditimbulkan oleh dampak buruk asap rokok, seperti obat batuk, obat jantung dan infeksi saluran pernapasan. Obat – obatan ini dapat diakses masyarakat yang membutuhkan secara gratis, karena didistribusikan ke Puskesmas.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan nomor 222/PMK.07/2017 tentang Penggunaan, Pemantauan dan Evaluasi DBH CHT. Dalam Peraturan Menteri Keuangan tersebut dinyatakan bahwa 50 % dana DBHCHT dialokasikan minimal 50 % untuk bidang kesehatan yang mendukung Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dukungan tersebut diarahkan pada sisi supply side dengan tujuan meningkatkan kualitas dan kuantitas Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), sebagai unit terdepan dalam layanan JKN.

Sedangkan kegiatan bidang kesehatan meliputi kegiatan pelayanan kesehatan baik kegiatan promotif, preventif maupun kuratif, rehabilitatif. Kemudian penyediaan, peningkatan, pemeliharaan sarana prasarana Fasilitas Kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dengan prioritas pada fasilitas kesehatan tingkat pertama. Selain itu dana DBHCHT pada bidang kesehatan juga dapat dilakukan untuk pelatihan tenaga administratif atau tenaga kesehatan pada Fasilitas Kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan serta pembayaran Iuran Jaminan Kesehatan bagi penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah atau pembayaran Iuran Jaminan Kesehatan pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja.

Leave a Reply