ZCD ADALAH SALAH SATU PROGRAM YANG DICANANGKAN BAZNAS KOTA SUKABUMI

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Seperti dijelaskan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, ZCD (Zakat Community Development) adalah salah satu program yang dicanangkan Baznas (Badan Amil Zakat), dalam rangka upaya mempercepat pembangunan di bidang ekonomi, sosial, kesehatan dan pendidikan termasuk lingkungan.

Penjelasan tersebut disampaikan saat melaunching secara resmi Gerakan Penanaman Pohon, di titik ZCD Baznas Kota Sukabumi, yakni di Kampung Cikeong RT 05 RW 02, Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, tanggal 21 November 2019, yang mengambil tema Penanaman Satu Pohon Sejuta Manfaat. Adapun sumber dana gerakan tersebut, berasal dari zakat, infak dan shodaqoh serta sumber dana lainnya yang sah dan halal.

Adapun jumlah pohon yang ditanam dalam gerakan tersebut, seluruhnya berjumlah 200 bibit pohon, serta pada minggu depan akan ditanam sebanyak 1.500 bibit pohon, bantuan dari DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, serta diharapkan masyarakat dapat memelihara dan menjaganya dengan baik.

Pelaksanaan gerakan tersebut dihadiri oleh para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Camat Baros, Dra. Yunita Nusmeri Sitepu, M.M., para Lurah se Kecamatan Baros, Sahabat Program ZCD Baznas Pusat, para alim ulama, tokoh masyarakat, pemuda dan wanita, serta para tamu undangan lainnya.

Wali Kota Sukabumi menginginkan, satu persatu wilayah di Kota Sukabumi yang masuk dalam kategori miskin atau tertinggal, statusnya bisa naik dan maju. Untuk itu diharapkan adanya intervensi dan kolaborasi dari semua pihak, mulai dari pusat hingga daerah, salah satunya melalui Program ZCD Baznas. Sebab tidak bisa dipungkiri, bahwa pembangunan tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah semata, tapi membutuhkan intervensi dan kolaborasi dari semua pihak.

Leave a Reply