PARA PENGUSAHA PENGADAAN BARANG DAN JASA AGAR TURUT SERTA MEMBANGUN KOTA SUKABUMI

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi mengharapkan, para Pengusaha Pengadaan Barang dan Jasa agar turut serta membangun Kota Sukabumi, diantaranya dengan menjalin kerjasama dan kolaborasi serta saling mendukung dengan Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya dalam upaya mewujudkan Kota Sukabumi yang Renyah (Religius, Nyaman dan Sejahtera).

Harapan tersebut disampaikan dalam Seminar dan Diskusi Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, tanggal 23 November 2019, di Hotel Balcony Kota Sukabumi, yang dilaksanakan FKPPBJ (Forum Komunikasi Pengusaha Pengadaan Barang dan Jasa) Kota Sukabumi, sekaligus pelantikan pengurus FKPPBJ Kota Sukabumi. Adapun yang hadir pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kota Sukabumi, H. Kamal Suherman, S.H., para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait, serta para tamu undangan lainnya.

Selain itu, Wali Kota Sukabumi juga menyampaikan amanat Presiden RI, Jokowi, pada Rakornas (Rapat Koordinasi Nasional) Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkopimda beberapa waktu yang lalu, bahwa Kepala Daerah baik kota maupun kabupaten dan provinsi bersama Forkopimda, harus melakukan percepatan pembangunan di wilayahnya masing-masing.

Dijelaskannya, dalam melakukan percepatan pembangunan ada 3 kunci utama yang harus senantiasa diperhatikan dan dilaksanakan oleh pemerintah kota dan kabupaten serta provinsi, salah satunya percepatan pembangunan infrastruktur. Karena dari hasil kajian, pembangunan tersebut dapat mendongkrak angka kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan. Dijelaskan pula, dalam melakukan percepatan pembangunan infrastruktur tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saja, tapi membutuhkan kerjasama dan kolaborasi yang baik, dengan menerapkan konsep pentahelik ABCGM (Akademisi, Bisnis, Communitas, Goverment dan Media).

Selanjutnya Wali Kota Sukabumi mengharapkan, keberaaan FKPPBJ Kota Sukabumi ini, dapat mempersatukan para Pengusaha Pengadaan Barang dan Jasa di Kota Sukabumi. Hal ini sesuai dengan lambang FKPPBJ, yakni bermakna kebersamaan dan kolaborasi. Disamping itu, Wali Kota Sukabumi juga mengajak untuk membangun Sukabumi kita, bukan Sukabumi anda dan bukan Sukabumi kalian. Maksudnya, kita yang bertanggungjawab membangun Sukabumi dengan kerjasama dan kolaborasi.

Terkait Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, menurut Wali Kota Sukabumi semangatnya dapat mendorong terhadap peningkatan kompetensi, baik bagi Pemerintah maupun bagi Pengusaha, termasuk bagi Pengusaha Pengadaan Barang dan Jasa. Adapun mengenai target Pengadaan Barang dan Jasa di Kota Sukabumi, bisa lebih baik dan profesional lagi, serta akan memperhatikan Pengusaha Lokal.

Leave a Reply