PENCAK SILAT MERUPAKAN SALAH SATU SENI DAN OLAHRAGA YANG MAMPU MENDONGKRAK KUALITAS SDM

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Pencak Silat merupakan salah satu seni dan olahraga yang mampu mendongkrak kualitas SDM (Sumber Daya Manusia), karena mengajarkan sportivitas dan kebersamaan serta membentuk karakter dan nilai-nilai kebangsaan, tanpa meninggalkan budaya kearifan lokal. Demikian disampaikan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, saat menutup secara resmi Festival Pencak Silat Seni Tradisi Terbuka antar Perguruan Pencak Silat Dandim 0607 Kota Sukabumi Cup II Tahun 2019, di Markas Kodim 0607 Kota Sukabumi, tanggal 23 November 2019.

Dijelaskannya, peningkatan kualitas SDM menjadi prioritas pembangunan, baik pemerintah pusat dan provinsi maupun pemerintah kota dan kabupaten. Untuk itu, Pemerintah Kota Sukabumi sangat mengapresiasi atas dilaksanakannya Festival Pencak Silat ini, karena dapat mendongkrak percepatan dan peningkatan kualitas SDM.

Dijelaskan pula, Pemerintah Kota Sukabumi sejak beberapa tahun yang lalu mempertahankan Pencak Silat, sebagai Mulok (Muatan Lokal) Wajib di Sekolah. Upaya tersebut sebagai salah satu bukti komitmen Pemerintah Kota Sukabumi, bekerjasama dengan berbagai elemen masyarakat, untuk menjaga dan melestarikan Pencak Silat.

Selanjutnya dijelaskan, upaya untuk mempertahankan dan melestarikan seni tradisi termasuk Pencak Silat, bukan merupakan sesuatu yang mudah. Tapi memerlukan semangat, kesungguhan dan kerja keras, termasuk pembinaan dan berbagai upaya lainnya seperti festival. Berkaitan dengan hal tersebut, Wali Kota Sukabumi mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tinggi kepada Dandim 0607 Kota Sukabumi, yang telah berupaya optimal melaksanakan Festival Pencak Silat ini untuk yang kedua kalinya.

Sementara Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Inf. Danang Prasetyo Wibowo, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu, sehingga Festival Pencak Silat ini dapat dilaksanakan dengan baik dan berjalan lancar. Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya Festival Pencak Silat ini, dalam rangka upaya menjaga dan melestarikan seni budaya kearifan lokal.

Leave a Reply