KOTA SUKABUMI TERPILIH MENJADI PENYELENGGARA FESTIVAL SKJ JADUL

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Kota Sukabumi terpilih sebagai salah satu dari 34 daerah di Indonesia, menjadi penyelenggara Festival SKJ (Senam Kesegaran Jasmani) Jadul. Festival yang didukung Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga), Disporapar (Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata), serta ASIAFI (Asosiasi Senam, Instruktur Aerobic dan Fitnes Indonesia) ini, dibuka secara resmi oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, tanggal 24 November 2019, di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi.

Hadir pada kesempatan tersebut, pejabat dari Kemenpora, Sri Maryati, Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Inf. Danang Prasetyo Wibowo, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait, Ketua FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) Kota Sukabumi, Indra Wiguna, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Wali Kota Sukabumi menjelaskan, Festival SKJ ini merupakan spesial bagi Kota Sukabumi, karena hanya ada 2 kota di Jawa Barat yang melaksanakan festival ini, yakni Kota Sukabumi dan Kota Bogor, dari 34 daerah se Indonesia. Dijelaskan pula, Kemenpora memilih Kota Sukabumi untuk melaksanakan festival ini, karena antusias masyarakat Kota Sukabumi dalam melaksanakan olah raga dan semangat meningkatkan derajat kesehatan melalui olah raga cukup tinggi. Wali Kota Sukabumi mengharapkan, melalui olah raga dapat meningkatkan angka harapan hidup serta menaikan kualitas dan derajat kesehatan masyarakat.

Sementara Ketua FORMI Kota Sukabumi, Indra Wiguna menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakannya festival ini, diantaranya untuk membangun budaya olah raga di masyatakat, serta untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Selain itu juga untuk mendukung dan mendorong program Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya dalam meningkatkan indeks pembangunan olah raga. Adapun peserta yang mengikuti festival ini, seluruhnya berjumlah 1.200 orang, yang terdiri dari pelajar SD, SMP dan SMA, serta masyarakat umum.

Leave a Reply