SELURUH DAERAH DI INDONESIA AGAR MELAKUKAN PERCEPATAN PEMBANGUNAN

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Seperti ditegaskan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, Presiden RI, Jokowi, beberapa waktu yang lalu mengumpulkan Kepala Daerah dan Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), sekaligus menginstruksikan kepada seluruh daerah di Indonesia agar melakukan percepatan pembangunan, serta target yang sudah dicanangkan bisa disinergiskan di seluruh daerah. Penegasan tersebut disampaikan saat membuka secara resmi Seminar Nasiolnal Pentingnya Budaya Literasi dan Penelitian dalam Pendidikan Karakter, tanggal 24 November 2019, di Kampus UMMI (Universitas Muhammdiyah Sukabumi).

Seminar tersebut dihadiri Dirbinmas Polda Jabar, Kombes Pol. Badya Wijaya, S.H., M.H., Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Wisnu Prabowo, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait, serta para tamu undangan lainnya.

Dijelaskannya, ada 3 kunci dalam melakukan percepatan pembangunan, yakni reformasi birokrasi, percepatan pembangunan infrastruktur, dan inovasi di bidang pendidikan, yakni literasi untuk mendongkrak dan meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia).

Adapun upaya percepatan pembangunan dengan inovasi pendidikan di Kota Sukabumi, diantaranya ditempuh melalui program Sugema (Sukabumi Gemar Membaca) dan Sahabat Geulis (Gerakan Literasi), bekerja-sama dan berkolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat. Dijelaskan pula, upaya percepatan pembangunan tersebut harus disukseskan oleh semua pihak, melalui gerakan literasi di publik. Selain itu, upaya dalam melakukan percepatan pembangunan tersebut, di Kota Sukabumi disediakan sarana Kolecer (Kotak Literasi Cerdas), serta dalam minggu ini akan ditambah 2 Kolecer.

Sedangkan upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran masyarakat, Pemerintah Kota Sukabumi saat ini sedang membangun Kelurahan Sport Center, sesuai dengan kebutuhan masyarakat, yang akan dilengkapi dengan pojok baca dan mushola. Dikatakannya, menurut rencana pada tanggal 16 Desember 2019 akan diresmikan sebanyak 10 Kelurahan Sport Center, sebagai percontohan di Kota Sukabumi.

Leave a Reply