PEMERINTAH KOTA SUKABUMI BERUPAYA OPTIMAL MENJAGA DAN MELINDUNGI CAGAR BUDAYA

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menandaskan, Pemerintah Kota Sukabumi berupaya optimal menjaga dan melindungi warisan budaya atau cagar budaya, diantaranya dengan membuat Perda (Peraturan Daerah) tentang Cagar Budaya. Komitmen ini terangkum dalam perumusan kebijakan sejarah purbakala, pada FGD (Focus Group Discussion) Cagar Budaya 2019, yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, di Hotel Balcony Kota Sukabumi, tanggal 25 November 2019.

Ditandaskan pula, semua pihak harus menyadari, bahwa warisan budaya atau cagar budaya perlu dibina, dilindungi dan dilestarikan. Ketiga hal tersebut menjadi kewajiban bagi semua pihak, untuk melaksanakannya dengan sebaik-baiknya bersama pemerintah dan seluruh elemen masyarakat. Sebab banyak cagar budaya yang alih fungsi, yang diakibatkan oleh berbagai faktor, diantaranya oleh kondisi alam seperti bencana gempa bumi dan percepatan pembangunan.

Berkaitan dengan hal tersebut Wali Kota Sukabumi mengharapkan, agar ke depan tidak terjadi lagi alih fungsi cagar budaya. Selain itu, semua pihak harus fokus dan berupaya optimal mengantisipasi terhadap berkurangnya warisan budaya. Salah satunya dengan mendukung dan mendorongan lahirnya Perda tentang Cagar Budaya. Selanjutnya ditandaskan, FGD Cagar Budaya 2019 ini, merupakan komitmen semua pihak dan Pemerintah Kota Sukabumi, terkait Perda tentang Cagar Budaya yang harus segera dimiliki, yakni pada awal tahun 2020.

Disamping itu Wali Kota Sukabumi juga menandaskan, dalam kegiatan KOPDAR GWPP (Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Umum Dalam Rangka Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat), Gubernur Jawa Barat mengatakan sejumlah hak terkait potensi wisata, diantaranya wisata kesehatan di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi sekaligus sebagai Rumah Sakit Rujukan, serta wisata heritage atau warisan budaya yang menjadi andalan.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Drs. Dudi Fathul Jawad, M.Pd. mengharapkan, Perda tentang Cagar Budaya ini bisa selesai dan ditetapkan pada awal tahun 2020, serta dalam pembahasanya akan melibatkan unsur akademisi, praktisi sejarah dan yang lainnya. Karena keberadaan Perda tersebut sangat penting, sebagai payung hukum dalam melakukan pembinaan, pelestarian dan perlidungan terhadap Cagar Budaya.

Leave a Reply