KEPALA SEKOLAH SWASTA DAN NEGERI WAJIB MEMILIKI NUKS

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menandaskan, sebelumnya Kepala Sekolah Swasta ditetapkan melalui Hak Prerogatif Yayasan. Namun dengan adanya aturan atau regulasi baru, Kepala Sekolah Swasta dan Negeri wajib memiliki NUKS (Nomor Unik Kepala Sekolah), dan apabila tidak memiliki tidak bisa.

Sedangkan maksud dan tujuan diterapkannya aturan atau kebijakan tersebut, supaya para Kepala Sekolah Swasta dan Negeri memiliki standar kompetensi dan kemampuan yang sama, khususnya dalam mengelola sekolah yang dipimpinnya dengan standar yang sama berbasiskan inovasi. Dengan demikian, kualitas pendidikan di sekolah swasta dan negeri bisa semakin baik dari waktu ke waktu.

Penandasan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat menghadiri sosialisasi Permendikbud (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) RI Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah, di Hotel Balcony Kota Sukabumi, tanggal 25 November 2019.

Sosialisasi yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi ini, sebagai salah satu bagian inovasi pendidikan, melalui penugasan guru sebagai kepala sekolah dan di yayasan atau sekolah swasta.

Selain itu, Wali Kota Sukabumi juga menyampaikan amanat Presiden RI, Jokowi, pada Rakornas (Rapat Koordinasi Nasional) Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), yakni setiap daerah di Indonesia harus melakukan percepatan pembangunan termasuk inovasi pendidikan. Adapun salah satu bentuk inovasi pendidikan, yakni sosialisasi untuk para pengelola yayasan atau sekolah swasta, khususnya dalam menetapkan kepala sekolah.

One Response

  1. zaenul Hadi, S.Pd 5 Januari, 2021 Reply

Leave a Reply