SOSIALISASI PENGURANGAN SAMPAH KEPADA PELAKU USAHA DI KOTA SUKABUMI

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Dalam upaya mengurangi volume sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi melaksanakan sosialisasi pengurangan sampah kepada pelaku usaha Kota Sukabumi, pada hari Kamis, 28 November 2019 di Hotel Taman Sari Kota Sukabumi.

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, saat membuka jalannya sosialisasi menandaskan bahwa  produksi sampah di Kota Sukabumi per hari mencapai 171,16 ton. Oleh karena itu, ia menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk terlibat aktif dalam mengurangi volume sampah diantaranya dengan cara tertib membuang sampah.

Selain itu kepada para pelaku usaha ditegaskan agar selalu menyediakan tempat sampah, memelihara  kebersihan secara rutin, serta melaksanakan pola 2T yaitu tepat waktu dan tepat tempat dalam pengelolaan sampah.

Sementara itu Kepala Bidang Pelayanan Kebersihan DLH, DR. Eneng Rahmi, S.Si, M.Si., menjelaskan bahwa dengan sosialisasi ini diharapkan dapat terbangunnya sinergitas pengelolaan persampahan melalui kolaborasi pentahelix yaitu Pemerintah, Akademisi, Pelaku Usaha, Masyarakat dan media. sedangkan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah tersampaikannya informasi tentang pengurangan sampah serta adanya perubahan pola pikir mengenai pengelolaan persampahan.

Adapun peserta sosialisasi sebanyak 70 pelaku usaha diantaranya pelaku usaha restoran dan hotel. Sementara bertindak sebagai narasumber dalam sosialisasi tersebut yakni Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat.

Leave a Reply