PEMERINTAH KOTA SUKABUMI BERUPAYA MEMPERKUAT SPM DALAM BIDANG KESEHATAN

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Seperti ditandaskan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa berupaya memperkuat SPM (Standar Pelayanan Minimal) dalam bidang kesehatan, terutama dalam menekan angka kematian ibu dan anak. Penandasan tersebut disampaikan pada Rakor (Rapat Koordinasi) Lintas Program dalam penguatan pemenuhan SPM dan akselarasi pencegahan kematian ibu dan bayi di Kota Sukabumi, di Hotel Horison Kota Sukabumi, 28 November 2019.

Djelaskannya, pelayanan kesehatan di Kota Suklabumi merupakan pelayanan yang paling utama, serta harus diberikan kepada segenap lapisan masyarakat. Sebab keberhasilan pelayanan dalam bidang kesehatyan, dapat berpengaruh terhadap keberhasilan bidang-bidang lainnya.

Dijelaskan pula, berdasarkan data yang ada, kasus angka kematian ibu cenderung mengalami peningkatan, yakni pada tahun 2018 sebanyak 7 kasus dan pada tahun 2019 sebanyak 12 kasus. Sedangkan kasus angka kematian anak mengalami penurunan, yakni pada tahun 2017 sebanyak 45 kasus, tahun 2018 sebanyak 34 kasus dan tahun 2019 tepatnya hingga bulan Oktober sebanyak 33 kasus.

Untuk itu, Pemerintah Kota Sukabumi akan terus berupaya menekan kasus kematian ibu dan anak. Diantaranya dengan menyediakan sarana pelayanan kesehatan yang lebih baik dan mudah menyasar masyarakat.

Selain itu, Wali Kota Sukabumi meminta kepada seluruh jajaran Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, agar menjadi yang terdepan mengawal dan merealisasikan visi misi Pembangunan Kota Sukabumi serta visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, termasuk berbagai program unggulan khususnya dalam bidang kesehatan.

Leave a Reply