WALI KOTA SUKABUMI MELAPORKAN PROGRES PERKEMBANGAN BAN-GUB TAHUN 2019

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, melaporkan progres perkembangan Ban-Gub (Bantuan Gubernur) Jawa Barat Tahun 2019, yang diberikan kepada Kota Sukabumi, termasuk kendala yang dialami sekaligus memohon dukungan dan bantuannya untuk tahun depan. Selain itu, juga menyampaikan sejumlah prioritas program pembangunan di Kota Sukabumi untuk tahun 2020, yang memerlukan kolaborasi dan sinergitas dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Laporan progres perkembangan Ban-Gub dan permohonan bantuan tersebut, disampaikan saat mengikuti acara Kopdar (Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah) Jawa Barat Triwulan IV Tahun 2019, tepatnya tanggal 3 Desember 2019, di Eminence Hotel Cianjur Kabupaten Cianjur.

Selanjutnya  Wali Kota Sukabumi mengucapkan terima kasih atas adanya kegiatan Kopdar ini, karena berbagai hal bisa cepat disampaikan kepada Gubernur. Disamping itu, juga dapat mempercepat jalannya pembangunan, serta manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat. Diharapkannya, format Kopdar pada tahun ke 2 atau tahun 2020 dapat diperbaiki, setelah dilaksanakan evaluasi kekurangannya pada tahun 2019.

Kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini, sebagai ajang silaturahmi, koordinasi dan komunikasi, antara Gubernur Jawa Barat dengan 27 Bupati dan Wali Kota se Jawa Barat. Acara yang dikemas secara informal ini, membahas refleksi akhir tahun penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjelaskan, kegiatan Kopdar ini merupakan yang terakhir pada tahun 2019, serta merupakan sebuah upaya agar para Kepala Daerah di Jawa Barat dapat terus melakukan sinkronisasi dan kekompakan. Karena hal tersebut merupakan kekuatan terbesar, khususnya dalam pelaksanaan pembangunan di Jawa Barat.

Dalam kegiatan Kopdar ini, disepakati pembentukan Desk Ban-Gub Jawa Barat, yakni sebuah unit di bawah naungan Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Provinsi Jawa Barat. Dijelaskannya, desk ini sudah dilakukan dalam pelaksanaan DAK (Dana Alokasi Khusus). Dengan demikian, pembangunan di Jawa Barat akan semakin lancar, serta aspirasi dari kota dan kabupaten juga akan semakin mudah disampaikan.

Selain mengevaluasi kegiatan tahun 2019, dalam kegiatan Kopdar ini juga dibahas rencana program dan kegiatan tahun 2020, diantaranya fokus terhadap pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia), sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo. Diharapkannya, melalui Kopdar yang rutin dilaksanakan setiap triwulan ini, pada tahun 2020 Jawa Barat akan lebih maju lagi, karena dapat berdampak positif terhadap percepatan pembangunan di Jawa Barat. (Sumber Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Sukabumi).

Leave a Reply