PEMERINTAH KOTA SUKABUMI BERUPAYA MENUMBUHKAN PARA PELAKU UMKM BARU

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menandaskan, Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal menumbuhkan para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) baru. Diantaranya dengan melakukan kolaborasi dan kerjasama dengan kalangan swasta dan perbankan, khususnya dalam mengatasi masalah permodalan UMKM.

Sebab dalam menumbuhkan para pelaku UMKM baru, rata-rata yang menjadi kendalanya yakni dalam masalah permodalan, dan apabila para pelaku UMKM ini mengakses permodalan ke Pemerintah Kota Sukabumi, belum tentu bisa terpenuhi semuanya.

Untuk itu, Pemerintah Kota Sukabumi melakukan kolaborasi dan kerjasama dengan kalangan swasta dan perbankan, melalui konsep Pentahelix ABCGM, yakni Akademisi, Bisnis, Communitas, Government, dan Media. Maksud dan tujuannya, supaya UMKM di Kota Sukabumi bisa kuat dan bisa naik kelas, serta memiliki pengetahuan dan wawasan melalui pendampingan.

Selain itu, juga rasio antara pencari kerja dengan lapangan kerja, di Sukabumi belum sebanding. Bahkan dalam setiap tahunnya ada 6 ribu lulusan SMA dan SMK, ditambah lulusan sebelumnya yang membutuhkan adanya lapangan kerja. Oleh karenanya, Pemerintah Kota Sukabumi mendorong para pelaku UMKM baru, khususnya yang berbasiskan ekonomi kreatif serta dapat menyediakan lapangan kerja. Disamping itu, dengan adanya perhatian dan kepedulian dari perbankan, UMKM di Kota Sukabumi bisa terus maju dan berkembang.

Dikatakannya, upaya dalam memperkuat UMKM di Kota Sukabumi harus terus dilakukan oleh semua pihak, untuk menciptakan dan meningkatkan serta mengembangkan wisata kuliner selain wisata heritage, sekaligus untuk menyambut selesainya pembangunan infrastruktur, seperti pembangunan Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi), pembangunan double track atau jalur ganda Kereta Api Bogor-Sukabumi, dan pembangunan Bandara Sukabumi.

Leave a Reply