OPERASI GABUNGAN PENGANGKUTAN SAMPAH

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi melaksanakan operasi gabungan pengangkutan sampah pada hari Sabtu, 7 Desember 2019, di daerah perbatasan antara Kota dan Kabupaten Sukabumi, tepatnya di Cikareo Kecamatan Warudoyong.

Kepala Bidang Pelayanan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi, Eneng Rahmi,   menuturkan  bahwa kegiatan operasi gabungan ini dilakukan karena tempat tersebut dijadikan tempat pembuangan sampah ilegal.

Sebab baik Dinas Lingkungan Hidup Kota dan Kabupaten telah memiliki titik pembuangan sampah masing – masing di sekitar wilayah tersebut. Akibat sampah yang dibuang sembarangan tersebut, muncul aduan warga sekitar yang dirugikan diantaranya karena bau tidak sedap.

Untuk mencegah kejadian ini berulang, pihaknya bersama Kecamatan dan Kelurahan setempat akan terus melakukan sosialisasi kepada warga, serta memasang spanduk himbauan di lokasi tersebut.

Menurut warga sekitar, dalam jangka waktu 5 tahun ke belakang, biasanya didaerah perbatasan tersebut bersih dari sampah, namun beberapa waktu terakhir, banyak warga yang melintas, membuang sampah sembarangan dilokasi tersebut sehingga akhirnya terjadi penumpukan sampah.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi,  Denis Eriska, mengatakan bahwa untuk wilayah perbatasan ini  pihaknya telah melakukan pelayanan  sampah mulai dari pengangkutan sampai sosialisasi kepada masyarakat. Sedangkan untuk operasi gabungan pengelolaan sampah ini akan terus dilakukan.

Leave a Reply