PENGERTIAN SATLINMAS MEMILIKI BEBERAPA UNSUR KATA

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat, bahwa pengertian Satlinmas (Satuan Perlindungan Masyarakat) memiliki beberapa unsur kata. Antara lain warga masyarakat; yang    disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan; penanganan bencana dan mengurangi/memperkecil resiko bencana; ikut memelihara keamanan, ketentraman  dan ketertiban masyarakat serta ikut dalam kegiatan sosial masyarakat.

Pengertian Satlinmas tersebut, dijelaskan Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., saat memberi sambutan sekaligus menutup secara resmi Pelatihan Anggota Linmas Angkatan Ke 1 Tahun 2019, di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, tanggal 9 Desember 2019.

Dijelaskan pula, berkaitan dengan fungsi dalam membantu memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, Satlinmas menjadi pendukung utama pihak kepolisian atau menjadi garda terdepan dalam tata kehidupan masyarakat secara umum, baik di perdesaan maupun di perkotaan. Sebagai salah satu contohnya, apabila ada keramaian dapat dipastikan ada Anggota Satlinmas.

Diharapkannya, berbagai pengetahuan, wawasan dan keterampilan yang disampaikan oleh para instruktur, nara sumber dan pelatih, dapat diterima dan diaplikasikan oleh para Anggota Satlinmas, dalam mengabdikan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Diharapkan pula, para Anggota Linmas harus tetap siaga melindungi masyarakat, sesuai dengan Visi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi yang Renyah (Religius, Nyaman dan Sejahtera).

Selain itu, Wakil Wali Kota Sukabumi mengucapkan terima kasih  kepada para instruktur, nara sumber dan pelatih, atas kesediannya menularkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan kepada para Anggota Linmas, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan tugas dalam mengabdikan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Leave a Reply