KOTA SUKABUMI MENDAPAT PENGHARGAAN KOTA PEDULI HAM TAHUN 2018

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Kota Sukabumi mendapat Penghargaan Kota Peduli HAM (Hak Asasi Manusia) Tahun 2018. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Dirjen (Direktur Jenderal) HAM Kemenkum (Kementerian Hukum) dan HAM, Mualimin Abdi, kepada Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, pada Peringatan Hari HAM Ke 71 se Dunia Tahun 2019, yang dipusatkan di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika Kota Bandung, tanggal 10 Desember 2019. Selain Penghargaan Kriteria Kabupaten dan Kota Peduli HAM, juga diserahkan Sertifikat Penilaian HAM kepada Kabupaten dan Kota se Indonesia.

Pada kesempatan tersebut hadir Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM, Mahfud M.D., Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Provinsi Jawa Barat, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), dan para tamu undangan lainnya.

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, mengatakan merasa bangga dan bersyukur atas didapatnya penghargaan tersebut, karena dapat menjadi motivasi bagi Pemerintah Kota Sukabumi, untuk tetap berkomitmen memperhatikan HAM. Dijelaskannya, Hari HAM yang diperingati setiap tanggal 10 Desember, untuk mendorong pemajuan dan pemenuhan HAM.

Selanjutnya dijelaskan, data Kemenkum dan HAM menyebutkan, sebanyak 425 kabupaten dan kota dari jumlah keseluruhan 514 kabupaten dan kota se Indonesia, telah berpartisipasi dan menyampaikan data capaian di bidang pemenuhan HAM. Dari jumlah tersebut, sebanyak 272 kabupaten dan kota memenuhi kategori Peduli HAM termasuk Kota Sukabumi, serta sebanyak 96 kabupaten dan kota dikategorikan Cukup Peduli HAM.

Disamping itu Wali Kota Sukabumi juga menjelaskan, sesuai dengan tema Hari HAM Ke 71 se Dunia Tahun 2019, yakni Pelayanan Publik yang Berkeadilan, Pemerintah Kota Sukabumi akan terus mengupayakan pemenuhan hak dasar bagi masyarakat di berbagai bidang, termasuk HAM. (Sumber Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Sukabumi).

Leave a Reply