PEMAPARAN REKOMENDASI KESIAPSIAGAAN SISTEM KOMUNIKASI BENCANA

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Palang Merah Amerika Serikat (American Red Cross), USAID, didampingi PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Sukabumi memaparkan hasil asesmen dan rekomendasi terkait kesiapsiagaan sistem komunikasi bencana pada hari Kamis, 12 Desember 2019, di Hotel Anugrah Kota Sukabumi. Turut hadir pada kesempatan tersebut Asisten Daerah Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Andri Setiawan M.M., BPBD, serta Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi.

Didalam pemaparan yang disampaikan oleh Mike Mccoy, dijelaskan bahwa rekomendasi kesiapsiagaan bencana ini akan juga dilaporkan kepada Kedutaan Amerika Serikat serta beberapa dinas intansi di Kota Sukabumi. Ia juga menerangkan bahwa Kota Sukabumi mempunyai sistem dan peralatan komunikasi kebencanaan.

Dikatakan pula bahwa untuk menyelenggarakan sistem komunikasi kebencanaan dapat melakukan kerjasama dengan beberapa pihak penyelenggara telekomunikasi.

Sementara itu Asisten Daerah Pemerintahan Setda Kota Sukabumi menjelaskan bahwa hasil rekomendasi ini menunjukkan bahwa Kota Sukabumi harus terus meningkatkan sistem komunikasi kebencanaan yang dimiliki.

Sedangkan Ketua PMI Kota Sukabumi, drh. H. Suranto Sumowiryo, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan oleh PMI Kota Sukabumi bersama American Red Cross ini merupakan usaha untuk meminimalisir resiko bencana yang dapat terjadi di Kota Sukabumi diantaranya bencana gempa bumi.

Leave a Reply