PASANGGIRI IBING PENCAK SILAT SANGAT PENTING DILAKSANAKAN

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Seperti ditegaskan Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., Pasanggiri Ibing Pencak Silat sangat penting dilaksanakan, untuk mempertahankan dan menjaga serta melestarikan seni tradisi pencak silat sebagai kearifan lokal. Penegasan tersebut disampaikan saat menghadiri Pasanggiri Ibing Pencak Silat SDN Sindangsari, Kelurahan Sindangsari, Kecamatan  Lembursitu, Kota Sukabumi, 21 Desember 2019.

Hadir pada kesempatan tersebut, para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), instansi dan lembaga terkait, para sesepuh dan tokoh pencak silat, para seniman pencak silat, dan para tamu undangan lainnya.

Ditegaskan pula, pasanggiri ini untuk menanamkan kecintaan para pelajar terhadap pencak silat sejak dini, serta untuk menggali potensi dan mencari bibit muda pesilat, khususnya di kalangan pelajar, sebagai regenerasi pesilat d Kota Sukabumi. Selain itu, juga untuk menunjang pencapaian target prestasi pencak silat di Kota Sukabumi, sehingga bisa membawa harum nama Kota Sukabumi,0 baik di tingkat regional maupun di tingkat nasional.

Wakil Wali Kota Sukabumi mengharapkan, dengan dilaksanakannya Pasanggiri Ibing Pencak Silat ini, dapat menumbuhkan dan mengembangkan kecintaan masyarakat Kota Sukabumi, terhadap seni dan budaya pencak silat. Disamping itu, juga dapat memotivasi minat dan bakat para pesilat, untuk melahirkan para pesilat profesional yang dapat membanggakan semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat.

Wakil Wali Kota Sukabumi juga mengungkapkannya, prestasi dan perkembangan pencak silat di Kota Sukabumi cukup baik dan pesat. Buktinya beberapa tahun yang lalu, Pengcab (Pengurus Cabang) IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Kota Sukabumi, berhasil memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia), tepatnya pada atraksi Pencak Silat yang berlangsung di Lapangan Sutadi Rono Dipuro Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, dalam rangka memeriahkan dan memperingati Hari Jadi Ke 93 Kota Sukabumi Tahun 2007.

Leave a Reply