PENGENDALIAN DAN EVALUASI PEMBANGUNAN DAERAH SANGAT PENTING DILAKUKAN

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H. menegaskan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah sangat penting dilakukan, sebagai proses pemantauan dan supervisi dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan pembangunan. Selain itu, realisasi kinerja dan keuangan juga sangat penting dilakukan, untuk memastikan tercapainya target pembangunan yang ditetapkan secara ekonomis, efisien dan efektif.

Penegasan tersebut disampaikan saat menghadiri Rapat Koordinasi Aplikasi E-Monitoring dan Evaluasi atau E-Monev, yang diikuti oleh setiap SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, bertempat di Hotel Balcony Kota Sukabumi, 20 Desember 2019.

Ditegaskan pula, kondisi saat ini diperlukan adanya sistem informasi monitoring dan evaluasi, agar tercipta pengendalian kinerja pembangunan yang ditetapkan, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, ke arah yang lebih baik lagi. Berkaitan dengan hal tersebut, Wakil Wali Kota Sukabumi mengharapkan, aplikasi yang telah dibangun terkait monitoring dan evaluasi atau e-monev ini, agar digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Dikatakannya, aplikasi ini bisa mempermudah setiap SKPD, khususnya dalam melakukan proses E-Monev. Diharapkannya, aplikasi ini agar dioperasikan dan dimanfaatkan oleh setiap SKPD, sesuai dengan peruntukannya. Maksud dan tujuannya, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan setiap SKPD dalam melakukan proses E-Monev secara berkelanjutan.

Dikatakan pula, pelaporan realisasi kinerja dan keuangan dari setiap SKPD, dapat dijadikan bahan masukan dan informasi serta untuk diamati, sebagai bahan pengambilan keputusan dan kebijakan selanjutnya. Disamping itu juga dikatakan, seandainya hasil pengamatan menunjukan adanya hal yang tidak sesuai dengan yang direncanakan, permasalahan tersebut agar segera ditindaklanjuti dan diperbaiki sekaligus diselesaikan di tingkat manajerial.

Leave a Reply