BUMMAS KOPERASI SWADAYA UMMAT RUMAH ZAKAT KELURAHAN KARANGTENGAH

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Bummas (Badan Usaha Milik Masyarakat) Koperasi Swadaya Ummat Rumah Zakat Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, sudah diresmikan dan dilaunching oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, bertetapan dengan Peringatan Ke 91 Tahun Hari Ibu, 22 Desember 2019, di Yayasan Tarbiyatul Qur’an Al-Aifiyah Kota Sukabumi. Bummas Koperasi Swadaya Ummat Rumah Zakat Kelurahan Karangtengah ini khusus beranggotakan ibu-ibu, serta merupakan yang pertama di Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Sukabumi mengatakan, Pemerintah Kota Sukabumi sangat menyambut baik dan positif atas adanya Bummas Koperasi  tersebut, karena dapat memberdayakan dan meningkatkan ekonomi masyarakat terutama ibu-ibu. Namun untuk lebih memberdayakan dan meningkatkan Bummas Koperasi tersebut, diperlukan kolaborasi dan kerjasama yang sinergis, diantaranya dengan Rumah Zakat.

Dijelaskannya, kolaborasi dan kerjasama dalam memberdayakan dan meningkatkan Bummas, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pengembangan ekonomi yang dicanangkan oleh pemerintah pusat dan daerah, salah satunya mendorong Rumah Zakat dalam membentuk atau mendirikan Bummas. Dijelaskan pula, keberadaan Bummas ini dapat membantu pemerintah, yang tidak bisa membantu dan menjangkau semua elemen masyarakat.

Sementara Kader Inspirasi Rumah Zakat, Iah Mamruah mengatakan, Bummas Koperasi Swadaya Ummat Rumah Zakat Kelurahan Karangtengah ini, bergerak dalam bidang simpan pinjam untuk ibu-ibu. Hal ini dilakukan, karena ada kegelisahan dari ibu-ibu, terkait peminjaman uang ke Bank Emok. Adapun fokus Bummas Koperasi ini, yakni pada bantuan modal usaha, sarana usaha dan edukasi. Diharapkannya, dengan adanya Bummas Koperasi ini, dapat mengatasi masalah kerentanan ekonomi keluarga dalam mendukung ketahanan keluarga.

Leave a Reply