PEMERINTAH KOTA SUKABUMI TETAP BERUPAYA MEMPERCEPAT PEMBANGUNAN

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Seperti ditandaskan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, di tengah keterbatasan SDA (Sumber Daya Alam) dan keuangan, Pemerintah Kota Sukabumi tetap berupaya mempercepat pembangunan. Diantaranya dengan cara mengkaji berbagai skema pembangunan,  yang dilakukan bersama dengan kalangan swasta. Penandasan tersebut disampaikan dalam Sosialisasi Kerjasama Pemerintah-Swasta, untuk meningkatkan kinerja pembangunan di Kota Sukabumi, 23 Desember 2019, di Hotel Balcony Kota Sukabumi.

Dalam kesempatan tersebut hadir Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada, M.M., para Asisten Setda Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait, serta para tamu undangan lainnya.

Dijelaskannya, dengan  adanya keterbatasan SDA, kemampuan keuangan dan keterbatasan kewenangan, Pemerintah Kota Sukabumi tetap ingin mempercepat pembangunan. Selain itu, dengan adanya keterbatasan tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi tetap memiliki optimisme, yakni Otda (Otonomi Daerah) dapat memberikan kewenangan bagi Pemerintah Kota Sukabumi, untuk melakukan ekplore kemampuan dari potensi SDA dan sumber daya lainnya, untuk melakukan percepatan pembangunan. Di sisi lain, Presiden menginstruksikan kepada seluruh Kepala Daerah, baik Bupati dan Wali Kota maupun Gubernur, untuk melakukan percepatan pembangunan, khususnya reformasi birokrasi, inovasi pendidikan dan percepatan infrastruktur.

Dijelaskan pula, dengan berbagai keterbatasan yang ada, semua pihak harus mencoba keluar dan mencoba skema dalam percepatan pembangunan. Misalnya dalam pinjaman daerah, dengan berbagai pertimbangan yang matang dan skema KPBU (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha). Dengan demikian, berbagai hal yang menjadi target dan vsi misi dalam RPJMD (Rencana Pembangunan  Jangka Menengah Daerah), serta janji Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi bisa ditindaklanjuti dan diwujudkan dengan baik.

Untuk itu, seluruh OPD dan instansi bisa melakukan inventarisasi, khususnya yang berkaitan dengan potensi. Karena Pemerintah Kota Sukabumi memiliki impian, yakni Kota Sukabumi ingin melesat, melalui percepatan pembangunan, diantaranya pembangunan infrastrukrur. Berkaitan dengan hal tersebut, Wali Kota Sukabumi mengajak kepada semua pihak, untuk bersama-sama melakukan pengkajian dan penelaahan skema yang akan dilaksanakan, khususnya dari sisi yuridis dan kemampuan dalam melakukan percepatan pembangunan.

Leave a Reply