PASAR NGAMPAR DI KELURAHAN JAYAMEKAR

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Sukabumi bekerjasama dengan Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, menyelenggarakan Pasar Ngampar di Halaman Kantor Kelurahan Jayamekar, melalui program ZCD (Zakat Community Development). Pasar Ngampar yang dilaksanakan 2 kali dalam setiap bulan tepatnya pada hari Minggu kedua dan hari Minggu keempat ini, dilaunching oleh Wali Kota Sukabumi, H. Ahmad Fahmi, pada hari Minggu keempat, 29 Desember 2019, ditandai dengan Pelepasan Balon dan Pemotongan Tumpeng, serta diisi Senam Aerobic, Seminar Membaca dan Pelatihan Pengelolaan Sampah Sistem Ecobrick.

Sedangkan yang hadir pada kesempatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi, Hj. Fitri Hayati Fahmi, para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan lembaga terkait, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Wali Kota Sukabumi menjelaskan, Pasar Ngampar ini merupakan kolaborasi antara Baznas Kota Sukabumi dengan Kelurahan Jayamekar, sekaligus merupakan sebuah proses pengembangan kemasyarakatan yang berbasiskan dan berasal dari zakat. Selain itu Wali Kota Sukabumi mengharapkan, dengan dilaksanakannya Pasar Ngampar ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, serta dapat memecahkan konsentrasi perekonomian di satu titik wilayah, tapi juga di wilayah-wilayah lainnya.

Dikatakannya, pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Baznas Kota Sukabumi, bukan hanya dilakukan dari unsur pendampingan saja, tapi juga disiapkan untuk pemasarannya. Sedangkan salah satu alasan Baznas Kota Sukabumi menyelenggarakan Pasar Ngampar ini, yakni hendak membuka pasar-pasar di wilayah lain di Kota Sukabumi. Diharapkannya, ke depan model Pasar Ngampar ini dapat dikembangkan ke wilayah lainnya di Koa Sukabumi, sehingga dapat menumbuhkan wilayah dan menggerakan roda ekonomi masyarakat.

Sementara Ketua Baznas Kota Sukabumi, Ir. H. Fifi Kusumajaya, M.M. menjelaskan, program ZCD merupakan pemberdayaan di bidang kemasyarakatan, ekonomi, pendidikan dan kesehatan serta wawasan lingkungan. Disamping itu juga mengharapkan, dengan dilaksanakannya Pasar Ngampar di Kelurahan Jayamekar ini, dapat menjadi destinasi wisata unggulan khususnya wisata kuliner di Kota Sukabumi.

Leave a Reply