MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN DAN KEWASPADAAN BENCANA ALAM

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi melalui BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Sukabumi beserta instansi terkait lainnya, meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan kemungkinan terjadinya bencana alam di Kota Sukabumi. Hal tersebut dilakukan, karena tingginya intensitas hujan di wilayah Kota Sukabumi, yang berpotensi terjadinya bencana alam, khususnya banjir dan tanah longsor.

Demikian disampaikan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, didampingi Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada, M.M., selaku Penanggungjawab PBA (Penanggulangan Bencana Alam) Kota Sukabumi. Selain itu, juga melakukan mobilisasi dan pengecekan kesiapsiagaan bencana, baik personil maupun peralatannya, supaya apabila terjadi bencana di wilayah Kota Sukabumi bisa segera ditangani dan ditanggulangi.

Dikatakannya, berdasarkan data dari BPBD Kota Sukabumi, pada rentang waktu 31 Desember 2019 sampai dengan 2 Januari 2020, tercatat ada 5 kejadian bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Kota Sukabumi. Dalam bencana tersebut tidak ada korban jiwa, serta sudah ditangani oleh Pemerintah Kota Sukabumi beserta instansi terkait lainnya.

Selanjutnya Wakil Walikota Sukabumi mengimbau kepada segenap lapisan masyarakat Kota Sukabumi, khususnya yang berdomisili di sepanjang bantaran atau DAS (Daerah Aliran Sungai) dan di lereng-lereng bukit, agar senantiasa waspada dan siaga, serta berupaya menyelamatkan diri dan keluarga serta tetangga, apabila terjadi bencana banjir dan tanah longsor di wilayahnya masing-masing. Karena pada setiap musim hujan, hampir di seluruh wilayah Indonesia termasuk Kota Sukabumi, sering terjadi bencana banjir dan tanah longsor, sebab wilayah Kota Sukabumi termasuk daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor.

Menyinggung Penetapan Siaga Darurat Bencana Banjir dan Tanah Longsor, seperti dikatakan Wali Kota Sukabumi masih melihat kondisi di lapangan. Namun saat ini pun, Pemerintah Kota Sukabumi melalui BPBD Kota Sukabumi beserta instansi terkait lainnya, telah siap siaga menghadapi berbagai potensi bencana, mulai dari tingkat kelurahan dan kecamatan hingga tingkat kota.

Leave a Reply